Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan Saham Evergrande Ditangguhkan Sementara

Kompas.com - 22/03/2022, 12:40 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang properti raksasa, China Evergrande Group tiba-tiba menangguhkan sahamnya dari perdagangan di bursa efek Hong Kong pada Senin (21/3/2022).

Seperti dikutip dari Reuters, tak hanya saham perusahaan induk, obligasi dalam negeri yang diterbitkan oleh unit andalan Evergrande yakni Hengda Real Estate Group juga mengalami penangguhan.

Penangguhan juga dilakukan pada beberapa saham milik anak perusahaan Evergrande seperti Evergrande Property Services Group Ltd, dan unit kendaraan listrik, China Evergrande New Energy Vehicle Group Ltd.

Baca juga: Kibarkan Bendera Putih, Evergrande Bentuk Komite Manajemen Risiko

Kabarnya penangguhkan perdagangan saham Evergrande akan dilakukan hingga pihak perusahaan melakukan restrukturisasi dan  memutuskan nasib investor internasional.

Dalam sebuah pernyataan kepada bursa Hong Kong, perusahaan mengatakan penangguhan perdagangan  dilakukan hingga ada berita selanjutnya.

Sejak tahun lalu, Evergrande diketahui terlilit masalah utang besar dan diperkirakan harus membayar lebih dari 300 miliar Dolar AS atau setara dengan Rp 4.200 triliun.

Ini menyebabkan perusahaan terancam bangkrut terlebih banyak proyek yang belum sempat terselesaikan.

Baca juga: Dampak Krisis Utang Evergrande, Harga Material Bangunan Melonjak

Untuk mengurangi nilai utangnya, pihak perusahaan telah melakukan berbagai upaya termasuk untuk membayar pemasok dan krediturnya serta menyelesaikan beberapa proyek konstruksi dan perumahan.

Evergrande sejauh ini berhasil menghindari masalah teknis dari pembayaran obligasi di dalam negeri. Sayangnya, mereka telah melewatkan pembayaran pada beberapa obligasi luar negeri.

Saham Evergrande diperdagangkan dengan harga 1,65 Dolar Hongkong per lembar saham sebelum penangguhan terjadi.

Harga saham Evergrande dilaporkan telah naik 3,8 persen tahun ini setelah jatuh 89 persen pada tahun 2021.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com