Kompas.com - 07/12/2021, 23:00 WIB
Evergrande, perusahaan raksasa properti China yang mempunyai utang Rp 4.200 triliun. AA/MIGUEL CANDELA POBLACION via DW INDONESIAEvergrande, perusahaan raksasa properti China yang mempunyai utang Rp 4.200 triliun.

KOMPAS.com - China Evergrande Group, perusahaan pengembang properti terbesar kedua di China, akhirnya membentuk komite manajemen risiko.

Dilansir dari Reuters, Selasa (7/12/2021), hal ini dilakukan karena raksasa real estat tersebut semakin dekat dengan masa tenggang utang dan pesimistis dapat memenuhi kewajibannya.

Sebagaimana diketahui, Evergrande tengah dihadapkan pada utang sebesar lebih dari 300 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 4,3 kuadriliun dan berisiko menjadi default terbesar di China.

Baca juga: Evergrande Jual Unit Otomotif ke Perusahaan Inggris

Sahamnya pun diketahui merosot ke rekor terendah pada hari Senin, (6/12/2021) dan dihantui oleh masa tenggang selama 30 hari.

Apabila Evergrande dinyatakan dalam default normal, akan berdampak pada gelombang default silang di sektor properti yang berpotensi memengaruhi kepercayaan investor global.

Adapun komite manajemen risiko yang dibentuk terdiri dari pejabat dari entitas negara dan berperan penting dalam mengurangi hingga menghilangkan risiko perusahaan di masa yang akan datang.

"Evergrande telah mencoba menjual aset untuk membayar utang, tetapi pernyataan Jumat pada dasarnya mengatakan akan 'menyerah' dan membutuhkan bantuan," Direktur Strategi Investasi di Tiger Faith Asset Management, Conita Hung.

Sementara itu, pihak berwenang China telah meningkatkan upaya untuk meyakinkan pasar bahwa masalah Evergrande akan bisa diatasi.

Sedangkan langkah terbaru yang sudah dilaksanakan oleh bank sentral China adalah dengan memotong jumlah uang tunai yang harus disimpan sebagai cadangan.

Tidak hanya itu, langkah lain yang diambil adalah melepaskan 188 miliar dolar Amerika atau Rp 2,7 kuadriliun dalam likuiditas jangka panjang guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang melambat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.