Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Formula E, Proyek Sirkuit Ancol Tembus 80 Persen

Kompas.com - 22/03/2022, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Proyek Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) atau Sirkuit Ancol telah mencapai 80 persen penyelesaian.

Sirkuit yang terletak di Jakarta Utara ini akan menjadi lokasi pergelaran balap mobil listrik Formula E yang dijadwalkan akan berlangsung pada 4 Juni 2022.

Sebelumnya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) optimis pembangunan sirkuit bisa rampung paling cepat pada akhir Maret 2022.

Tetapi, jika proyek masih membutuhkan waktu lebih untuk pengerjaan, Jakpro menargetkan paling lambat Sirkuit Ancol kelar pada awal April 2022.

“Sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu sudah selesai proses pengaspalannya dan tahapan selanjutnya yakni penanaman rumput di sepanjang jalur sirkuit,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dilansir dari Antara, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Menilik Keamanan Bambu yang Dijadikan Material Sirkuit Formula E

Penanggung Jawab Pembangunan Sirkuit Formula E, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Ari Wibowo menjelaskan bahwa pembangunan sirkuit ditargetkan sesuai kontrak kerja selama 54 hari dengan anggaran Rp 60 miliar.

Untuk mengejar target tersebut, sejumlah 400 pekerja konstruksi yang dibagi dalam tiga interval waktu kerja dikerahkan.

Lebih lanjut, terdapat lima zona lintasan yang tengah digarap dengan lokasi yang paling menantang adalah zona lima.

Zona lima diketahui memiliki bagian tanah lunak di sepanjang satu kilometer lintasan, sementara sekitar 40 persen konstruksi sirkuit terkonsentrasi di zona ini.

“Pengerjaannya paling sulit dan paling mengurasi energi,” jelas Ari.

Baca juga: Sejarah Ancol, Venue Digelarnya Ajang Formula E Berawal dari Kunjungan Bung Karno ke Disneyland

Dengan panjang 2,4 kilometer dan lebar 12 meter, Sirkuit Ancol memiliki 18 tikungan dengan desain sirkuit yang menyerupai kuda lumping.

Sedangkan untuk lingkungan sekitarnya, Sirkuit Ancol menawarkan pemandangan Jakarta International Stadium (JIS) yang proyeknya dikabarkan akan rampung dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com