Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Diperbaiki, Sirkuit Mandalika Peroleh Peringkat Tertinggi Homologasi Grade A

Kompas.com - 19/03/2022, 11:26 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika berhasil memperoleh peringkat tertinggi atau homologasi Grade A setelah diperbaiki.

Peringkat ini diberikan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports dan IRTA melalui track inspection pada hari Kamis (17/3/2022).

Dengan perolehan tersebut, Sirkuit Mandalika dinyatakan layak untuk menggelar balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia MotoGP 2022 pada akhir pekan ini.

“Grade A adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM dan juga berarti, sirkuit kami sangat layak untuk menggelar event MotoGP,” ungkap Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer dilansir dari Antara, Sabtu (19/3/2022).

Adapun perbaikan sirkuit dilakukan karena sejumlah pebalap mengeluhkan kondisi lintasan yang kotor, berdebu, aspal terkelupas hingga kerikil dan batu kecil yang terlontar pada sesi tes pramusim tanggal 11-13 Februari 2022.

Baca juga: Ini Arsitek di Balik Indahnya Sirkuit Mandalika

Pengamat Perkerasan Jalan dan Aspal yang pernah menjabat sebagai Direktur Bina Teknik Bina Marga Kementerian PUPR Purnomo berpendapat, masalah ini kemungkinan ditimbulkan oleh kualitas batu pada campuran agregat yang pipih dan kotor sehingga tidak bisa terikat dengan baik.

Menanggapi keluhan itu, Dorna Sports dan FIM mengidentifikasi dua area yang perlu mendapatkan pengaspalan ulang, yaitu pada lintasan sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5 atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

Selain itu, keberhasilan lolos homoglasi Grade A tidak terlepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang telah dilakukan oleh ITDC bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) guna memenuhi persyaratan penilaian.

Sementara sebelumnya Sirkuit Mandalika telah mendapat homologasi Grade B melalui ajang World Superbike pada November 2021.

Sejumlah peningkatan fasilitas, meliputi pelindung tambahan, penanda trek, area runoff, gravel, pagar ban, sinyal tikungan, lampu di sepanjang trek, jalur keluar pit dan starting grid.

Baca juga: Akankah Mandalika Tetap Populer Pasca-pergelaran MotoGP?

Kemudian, pos-pos marshal, panel lampu dan peralatan, perawatan trek, sistem drainase hingga zona long lap penalti juga turut diperbaiki.

Fabio Quartararo saat sesi latihan bebas pada MotoGP Mandalika 2022BAY ISMOYO Fabio Quartararo saat sesi latihan bebas pada MotoGP Mandalika 2022

Lebih lanjut, perbaikan yang telah rampung sekitar sepekan sebelum pergelaran MotoGP berlangsung ini dipuji oleh para pebalap yang merasakan perbedaan kualitas lintasan setelah pengaspalan ulang.

“Terasa berbeda, terakhir kali saat tes pramusim batu-batu terlempar, kali ini (serpihan) lebih kecil, jadi ini lebih baik,” ujar salah satu pebalap, Fabio Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com