Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 810 Miliar Disiapkan untuk Perbaikan Jalan di Dataran Tinggi Sumut

Kompas.com - 22/03/2022, 07:04 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara mengalokasikan anggaran sebesar Rp 810 miliar hingga tahun 2023 untuk memperbaiki infrastruktur jalan di wilayah zona dataran tinggi.

Adapun daerah yang masuk zona dataran tinggi yakni Kabupaten Simalungun, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Pematangsiantar, Toba, Samosir, Tapanuli Utara, dan Humbang Hasundutan.

"Di zona dataran tinggi akan ada perbaikan jalan sepanjang 120 kilometer," kata Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam keterangannya seperti dikutip Antaranews, Senin (22/03/2022).

Baca juga: Lewat Tol Terpanjang di Sumut, ke Danau Toba Cuma Butuh 2 Jam

Edy menjelaskan bahwa perbaikan jalan atau infrastruktur dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Kalau satu kilometer menghabiskan Rp 5 miliar, berarti kalau uangnya Rp300 miliar, setahun hanya 60 kilometer, kapan selesainya, maka inilah langkah yang kita lakukan,” ujarnya.

Ruas dan panjang jalan yang akan diperbaiki di sembilan kabupaten/kota di kawasan dataran tinggi tahun anggaran 2022-2023 yakni di Kabupaten Simalungun sepanjang 24,6 kilometer.

Di Kota Pematang Siantar 5,64 kilometer, Tapanuli Utara 14,3 kilometer, Humbang Hasundutan 12,5 km, Toba 14 kilometer, Samosir sembilan kilometer dan Karo sepanjang 26,67 kilometer.

Kemudian di Kabupaten Dairi perbaikan dilakukan sepanjang 11 kilometer serta di Kabupaten Pakpak Bharat sepanjang 2,4 kilometer.

Pada tahun yang sama Pemprov Sumut juga akan membangun berbagai infrastruktur prioritas.

Di antaranya yaitu pembangunan Jembatan Aek Pardomuan di Tapanuli Utara, perkuatan tebing Sungai Aek Siborgung Tarutung, Tapanuli Utara, tebing Sungai Bah Bolon Simalungun, dan tebing Sungai Bah Lombut Simalungun.

"Lalu akan dilakukan juga rehabilitasi atau perbaikan dan pembangunan infrastruktur pengendalian banjir pada Sungai Lau Mbelin dan Sungai Lau Nagan, Karo," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com