Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Progres Jalan Tol Japek II Selatan, Seksi 3 Tuntas Akhir 2022

Kompas.com - 17/03/2022, 18:44 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek (Japek) II Selatan ditarget tuntas konstruksinya akhir tahun ini. Sementara seksi yang lain menyusul sembari merampungkan proses pembebasan lahan.

Mengutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Kamis (17/03/2022), Jalan Tol Japek II Selatan membentang sepanjang 64 kilometer dan terdiri dari tiga seksi.

Meliputi Seksi 1 Jati Asih-Setu (Sta 0+000 - Sta 9+300) sepanjang 9,3 kilometer termasuk ke dalam wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor. Progres pembebasan lahannya mencapai 3,29 persen.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Dilengkapi Jalur Sepeda

Kemudian Seksi 2 Setu-Taman Mekar (Sta 9+300 - Sta 34+150) sepanjang 24,85 kilometer turut wilayah Kabupaten Bekasi, progres pembebasan lahannya mencapai 38,29 persen.

Selanjutnya untuk progres Seksi 3 dari Taman Mekar-Sadang (Sta 34+150 - Sta 64+000) sepanjang 27,85 kilometer telah mencapai 62,17 persen. Dengan progres pembebasan lahannya 92,04 persen.

Seksi 3 yang termasuk wilayah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta tersebut ditargetkan rampung konstruksinya pada akhir tahun 2022 mendatang.

Setelahnya baru menyusul Seksi 2 yang akan rampung pada tahun 2023, dan Seksi 1 akan rampung pada tahun 2025 mendatang.

Kini PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) terus mendukung upaya percepatan pembebasan lahan yang dilaksanakan Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian PUPR dalam melakukan identifikasi permasalahan pengadaan tanah di lapangan.

Selain itu, PT JJS juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk meminimalisir kendala agar pembangunan fisik dapat dipercepat.

Sebab, Jalan Tol Japek II Selatan nantinya akan memiliki peran penting dalam menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat.

Juga akan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi, dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Berpotensi mendatangkan minat-minat investasi lain di Jawa Barat yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pengembangan wilayah industri, maupun wisata

Dibangun dengan investasi sebesar Rp 14,69 triliun dan masa konsesi 35 tahun, jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan.

Namun secara keseluruhan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Purwakarta dan memiliki tujuh buah Simpang Susun.

Jalan Tol Japek II Selatan nantinya terdapat 7 gerbang tol (GT), yaitu GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com