Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lubuk Linggau-Kota Bengkulu Hanya 2 Jam lewat Jalan Tol

Kompas.com - 14/03/2022, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat pembangunan ruas Jalan Tol Bengkulu.

Ketika telah beroperasi, Jalan Tol Bengkulu mampu memangkas waktu tempuh perjalanan dari Lubuk Linggau ke Kota Bengkulu menjadi 1-2 jam.

Selain itu, kehadiran jalan tol ini juga akan meningkatkan ekonomi daerah Lubuk Linggau, konektivitas wisatawan hingga menurunkan biaya logistik.

“Kehadiran jalan tol akan menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antarwilayah. Di samping itu mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru, khususnya kawasan yang berada di sektar on/off ramp jalan tol,” jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Jumat (11/3/2022).

Untuk diketahui, ruas Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera memiliki panjang 95,8 kilometer yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero).

Baca juga: Sabtu 12 Maret, Tarif Penuh Tol Manado-Bitung Resmi Berlaku

Terdapat tiga seksi pada ruas jalan tol ini, meliputi Seksi 1 Lubuk Linggau-Kepahiang (54,5 kilometer), Seksi 2 Kepahiang-Taba Penanjung (23,7 kilometer), dan Seksi 3 Taba Penanjung-Bengkulu (17,6 kilometer).

Adapun untuk saat ini, progres konstruksi Seksi 3 ruas Taba Penanjung-Bengkulu telah mencapai 96,51 persen pengerjaan. Pengelola menargetkan pengerjaan seksi ini rampung pada kuartal 1 tahun 2022 dan segera dioperasikan.

“Seksi 1 dan 2 saat ini masih dalam tahap persiapan,” tambah Menteri Basuki.

Sementara itu, Jalan Tol Trans-Sumatera memiliki panjang 2.837 kilometer yang terdiri dari ruas tol utama atau backbone sepanjang 1.913 kilometer dan ruas tol sirip atau feeder 924 kilometer.

Tol Trans-Sumatera yang telah beroperasi sepanjang 531 kilometer, yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (141 kilometer), Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 kilomter), Kayu Agung-Palembang (38 kilometer), Pekanbaru-Dumai (132 kilometer), Medan-Binjai (17 kilometer), dan Sigli-Banda Aceh Seksi 4 (14 kilometer).

Baca juga: Tarif Tol Danowudu-Bitung Segera Berlaku, Berapa Besarannya?

Sedangkan ruas jalan tol yang masih dalam tahap konstruksi sepanjang 486 kilometer, yakni Jalan Tol Kisaran-Indrapura (48 kilometer), Binjai-Langsa segmen Binjai-Pangkalan Brandan (58 kilometer), dan Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu (95,8 kilometer).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com