Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Area Gedung Kawasan Industri Suryacipta Dipasangi PLTS Atap

Kompas.com - 25/02/2022, 21:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta) bersama Xurya mengawali kolaborasi tahun 2022 dengan instalasi PLTS Atap pada infrastruktur dan utilitas di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang.

Instalasi ini dipasang di area gedung perkantoran The Manor dan area komersial The Promenade, serta di area Water Treatment Plant dan Sekolah Menengah Kejuruan Suryacipta.

Wakil Presiden Direktur Suryacipta Wilson Effendy mengatakan aplikasi solar panel di Suryacipta City of Industry di Karawang merupakan aktifitas nyata dari Suryacipta dalam mewujudkan kawasan yang ramah lingkungan melalui penggunaan EBT.

"Kami berkomitmen untuk menerapkan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) pada kawasan kami di Karawang dan Subang," kata Wilson dalam keterangannya, Jumat (25/02/2022).

Baca juga: Suryacipta Jaring Lebih dari 5 Data Center

Wilson menjelaskan, sejak dimunculkan pada tahun 2005, ESG telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan yang telah menyadari bahwa faktor non-finansial juga memiliki peran penting dan menjadi bagian dari proses identifikasi risiko dan peluang pertumbuhan.

Kini, berbagai keputusan yang diambil oleh perusahaan juga mempertimbangkan faktor ESG dari pada sekedar memperoleh keuntungan finansial semata.

Pada praktiknya, penerapan konsep ESG tentunya disesuaikan dengan bisnis tiap perusahaan, dan tantangan industri manufaktur dalam menerapkan ESG sangat besar akibat kebutuhan energi yang tinggi dan kerap dituding sebagai sumber polusi.

Pemerintah juga telah melakukan berbagai usaha untuk mengurangi emisi karbon antara lain dengan melakukan transisi teknologi menuju tenaga surya atau penerapan solar panel serta rencana implementasi pajak karbon.

Managing Director Xurya Daya Indonesia Eka Himawan mengatakan instalasi PLTS Atap ini merupakan pilot project yang diharapkan dapat mendorong para tenant di Suryacipta untuk mulai beralih ke energi bersih.

Aktivitas ini akan ditingkatkan kapasitasnya dalam 3 tahun ke depan dan akan terus dikembangkan metode lain.

Diketahui, Kawasan Industri Suryacipta di Karawanga memiliki luas 1.400 hektare dan menjadi rumah bagi 150 perusahaan domestik dan internasional.

Selain di Karawang, Suryacipta juga memiliki kawasan industri lainnya di Subang seluas 2.717 hektare dan diremikan sejak tahun 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com