Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengok "Jeroan" Indoor Multifunction Stadium di Kompleks GBK

Kompas.com - 09/02/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah membangun Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) pada Desember 2021.

Pembangunan stadion ini ditujukan untuk mendukung pelaksanaan Piala Dunia Basket (FIBA) tahun 2023 mendatang.

Dibangun di atas lahan seluas 30.720 meter persegi, stadion ini akan memiliki luas tapak bangunan sebesar 20.852,79 meter persegi.

Baca juga: Mengenal Keunggulan Rumput Hybrid JIS dan Cara Merawatnya yang Unik

Indoor Multifunction Stadium mempunyai fungsi utama sebagai lapangan basket dengan 1 FOP dan 2 lapangan latihan.

Secara desain konstruksi stadion indoor, Indoor Multifunction Stadium akan terdiri dari 4 lantai tribun yang dilengkapi dengan atap space frame.

Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kompleks GBK, Calon Venue Piala Dunia Bola Basket 2023Dok. Kementerian PUPR Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kompleks GBK, Calon Venue Piala Dunia Bola Basket 2023
Adapun saat ini, stadion yang telah mencapai progres konstruksi sebesar 4 persen pada bulan Januari 2022 lalu tengah memasuki tahap pondasi sebanyak 396 titik bore pile dan 41 titik tiang pancang.

Selain untuk olahraga basket, stadion indoor ini juga dapat dimanfaatkan sebagai lapangan voli, badminton, tinju, MMA, tenis, atletik serta fungsi non-olahraga lain, seperti konser, seminar dan pertunjukan khusus lain.

Baca juga: Sejarah Stadion Utama GBK Senayan, Pemancangan Tiang Pertama Dihadiri Nikita Kruschev

Untuk diketahui, pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) dilaksanakan melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Year Contract (MYC) 2021-2021 senilai Rp 639,1 miliar dengan kontraktor PT Adhi Karya-PT Nindya Karya-PT Penta (KSO).

Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kompleks GBK, Calon Venue Piala Dunia Bola Basket 2023Dok. Kementerian PUPR Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kompleks GBK, Calon Venue Piala Dunia Bola Basket 2023
Pekerjaan dilaksanakan meliputi struktur, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal, pembangunan lapangan dan peralatan pertandingan, lapangan latihan, ruang ganti, tribun, royal box dan sistem pencahayaan.

Selain itu, terdapat acoustic sound system, visual system, ticketing, sistem proteksi kebakaran, sistem transportasi dalam gedung, dan pemenuhan kriteria bangunan gedung hijau yang menjadi bagian dari pekerjaan.

Indoor Multifunction Stadium (IMS) berlokasi tidak jauh dari GOR Indoor Basket Hall A Kompleks GBK dengan kapasitas tampung sebanyak 16.088 pentonton. Pengerjaannya ditargetkan rampung pada bulan Juni 2023.

Untuk diketahui, pengadaan stadion indoor ini dilaksanakan karena Indonesia telah terpilih menjadi co-host FIBA tahun 2023 bersama dengan dua negara lain, yaitu Jepang dan Filipina.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com