Kompas.com - 03/12/2021, 20:30 WIB
Stasiun LRT Palembang Dokumen KOMPAS.com/ Aji YK PutraStasiun LRT Palembang

JAKARTA, KOMPAS.com -  Dalam mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Nasional Non-tunai atau Cashless, mulai 1 Desember 2021 untuk naik LRT dari stasiun LRT Ampera menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) atau LinkAja.

Kabag Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan dalam mendukung program ini pihaknya selaku operator LRT Sumsel bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel (BPKARSS) dan Bank Indonesia menjadikan stasiun LRT Ampera sebagai pilot project pelaksanaan program ini.

"Selain itu, kami juga menggandeng lima bank yaitu BNI, Mandiri, BCA, BRI dan Bank Sumsel Babel. Di mana Kartu Uang Elektronik (KUE) dari kelima bank tersebut juga telah bekerja sama untuk program non tunai/cashless di LRT Sumsel," kata Aida dalam keterangannya, Jumat (03/12/2021). 

Baca juga: Simpang Temu Dukuh Atas Bakal Terintegrasi Stasiun LRT Jabodebek

Aida menjelaskan, penumpang yang akan berpergian dari stasiun LRT Ampera diharuskan menggunakan KUE atau LinkAja pada saat tap in. 

Sedangkan penumpang dari stasiun di luar stasiun LRT Ampera yang akan turun di stasiun LRT Ampera masih bisa tap out menggunakan tiket manual (QR).

Sementara ini penggunaan non-tunai diberlakukan bagi penumpang yang akan naik dari stasiun LRT Ampera, sedangkan 12 stasiun lainnya masih bisa menggunakan pembayaran tunai dengan tiket manual (QR).

"Untuk membeli KUE ini bisa di masing-masing bank ataupun di loket yang ada di stasiun- stasiun LRT, penggunaan pertama diaktivasi terlebih dahulu di loket stasiun LRT, agar terbaca di sistem gate pada saat tap in," ujarnya. 

Saat ini LRT Sumsel beroperasi 88 perjalanan setiap harinya dengan jam operasional 06.00-20.25 WIB, selisih waktu antar kereta (headway) 17 menit, dengan tarif tiket Rp 10.000 untuk rute dari dan menuju stasiun Bandara, Rp. 5.000 untuk stasiun selain stasiun Bandara.

Penumpang dapat menggunakan tiket manual (QR) non tunai berupa Kartu Uang Elektronik dan LinkAja.

PT KAI Divre III Palembang mencatat selama bulan November penumpang weekday rata-rata 5.075 dan weekend 7.723 dengan rata-rata harian 5.831 penumpang, tingkat keterisian rata-rata 58 persen dengan total penumpang LRT sampai akhir November 2021 hampir mencapai 1.4 juta penumpang.

Sebagian besar penumpang masih melakukan pembelian tiket secara tunai di loket (95 persen) dan non tunai sekitar 5 persen.

"Dengan adanya program pembayaran non-tunai/cashless di stasiun LRT Ampera secara bertahap mengajak masyarakat untuk mulai beralih menggunakan pembayaran secara non tunai," pungkas Aida.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.