Kompas.com - 25/11/2021, 16:00 WIB
Volume Lalu Lintas di Jalan Tol Meningkat, Jasa Marga Imbau Warga Patuhi Aturan Berkendara Jasa Marga Volume Lalu Lintas di Jalan Tol Meningkat, Jasa Marga Imbau Warga Patuhi Aturan Berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat penurunan kasus kecelakaan pada ruas tol milik Jasa Marga Group selama tiga tahun terakhir atau sepanjang tahun 2019 hingga Oktober 2021. 

"Kami mencatat selama tiga tahun terakhir ini jumlah kecelakaan dan jumlah korban meninggal dunia di jalan tol cenderung menurun," kata Operation & Maintenance Management Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Atika Dara Prahita dalam acara virtual bertajuk 'road safety ranger of driving', Kamis (25/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga Oktober 2021, kasus kecelakaan yang terjadi di jalan tol yaitu sebanyak 790 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 77 orang.

Baca juga: Kecelakaan Maut Kerap Terjadi, Ada Apa dengan Tol Cipali?

Angka ini menurun dibandingkan kecelakaan yang terjadi pada tahun 2020 yaitu sebanyak 862 kasus dengan korban meninggal 90 jiwa.

Lalu tahun 2019 dengan jumlah kecelakan mencapai 1.079 kasus dengan korban meninggal 100 orang dan pada tahun 2018 jumlah kecelakaan mencapai 1.210 kasus dan meninggal 109 orang.

Faktor pengemudi seringkali menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan di jalan tol dengan persentase mencapai 82 persen pada tahun 2021.

Dari persentase tersebut, kontribusi terbesar adalah kurangnya antisipasi dalam berkendara, lengah, mengantuk, mabuk, tidak tertib lalu lintas dan yang lainnya.

Faktor penyebab kecelakaan tertinggi hingga Okotber 2021 adalah pengemudi yang kurang antisipasi dengan angka sebesar 52 persen dan pengemudi yang mengantuk mencapai 45 persen.

Selanjutnya, faktor kecelakaan juga disebabkan oleh kondisi kendaraan dengan 17 persen, lalu juga faktor jalan dan lingkungan hanya 1 persen.

"Jadi sebenarnya faktor jalan dan lingkungan itu hanya 1 persen menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan tol," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.