Kompas.com - 18/10/2021, 18:00 WIB
Bendungan Pidekso, Wonogiri, Jawa Tengah. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRBendungan Pidekso, Wonogiri, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan Bendungan Pidekso telah memasuki proses impounding atau pengisian air awal waduk sejak Kamis (14/10/2021).

Pekerjaan Bendungan Pidekso dilaksanakan mulai tahun 2014 dengan biaya sebesar Rp 794 miliar. Rencananya akan diresmikan pada Desember 2021

Bendungan yang terletak di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini memiliki kapasitas tampung bendungan sebesar 25 juta m3 yang berada di area genangan seluas 232 hektar.

Nantinya akan memenuhi kebutuhan air untuk irigasi seluas 1.500 hektar, penyediaan air baku sebesar 300 liter per detik dan mereduksi banjir sebesar 322,60 meter kubik per detik.

Baca juga: Bendungan Rotiklot Jadi Sumber Air Irigasi Food Estate di NTT

Selain itu, bendungan ini juga bermanfaat sebagai pengendali banjir dan lahan konservasi sekaligus pariwisata. Sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Kepala BBWS Bengawan Solo Agus Rudyanto mengatakan, pengisian air Bendungan Pidekso dilaksanakan secara bertahap agar dapat memantau perilaku bendungan secara intensif.

"Selama pelaksanaan yang membutuhkan waktu 39 hari, air tetap dialirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bagian hilir bendungan," kata Agus dikutip dari laman Ditjen SDA Kementerian PUPR, Senin (18/10/2021).

Agus menyampaikan, pembangunan Bendungan Pidekso telah melewati perjalanan panjang. Mulai dari sertifikasi persetujuan desain, izin pelaksanaan konstruksi, dan sertifikasi persetujuan pengisian waduk.

Proses ini perlu dilalui untuk menjamin keamanan terhadap konstruksi bendungan yang dilaksanakan.

Baca juga: Bendungan Leuwikeris Punya 4 Manfaat, Kurangi Banjir 25 Tahunan

"Saat ini progres fisik pembangunan Bendungan Pidekso sebesar 80,13%," ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.