Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuhi Kebutuhan Air Baku di IKN, Bendungan Ini Diharapkan Kelar 2023

Kompas.com - 11/10/2021, 23:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, diharap selesai lebih cepat.

Bendungan yang terletak di lokasi ibu kota negara (IKN) baru ini ditargetkan selesai akhir 2023 mendatang. Namun, Kementerian PUPR juga berupaya melakukan percepatan.

Seperti diketahui, Kabupaten Penajam Paser Utara bersama Kabupaten Kutai Kartanegara ditetapkan sebagai IKN baru.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bendungan dengan kapasitas volume 10 juta m3 ini sudah cukup lama direncanakan.

Baca juga: Basuki Beberkan Tahap Awal Pembangunan IKN Baru

Utamanya untuk memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas 2.500 liter per detik dan mereduksi banjir 55 persen.

Dia juga mengingatkan agar dalam pengerjaan Bendungan Sepaku Semoi tetap mengutamakan kualitas. Juga meminta konsultan pengawas untuk tegas mengawasi kualitas konstruksi.

"Kalau ada yang salah, jangan ragu dibongkar. Hati-hati dengan potensi longsoran, drainasenya juga agar ditata betul," kata dia dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (11/10/2021).

Kepala BWS Kalimantan IV Harya Muldianto mengatakan, progres konstruksi Bendungan Sepaku Semoi hingga saat ini sebesar 20,47 persen.

Dengan pekerjaan saat ini mencakup jalan masuk, pengelak, pelimpah, galian dan timbunan tubuh bendungan.

"Sesuai kontrak bendungan ini ditargetkan selesai akhir tahun 2023, namun diharapkan dapat selesai lebih cepat pada akhir tahun 2022. Sejauh ini kami belum menjumpai adanya kendala teknis maupun dalam pengadaan tanah untuk bendungan," terangnya.

Baca juga: Paspampres hingga BIN Akan Dibuatkan Rumah di IKN, Ini Rinciannya

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dimulai sejak Juli 2020 dengan kontrak tahun jamak hingga tahun 2023 senilai Rp 556 miliar. Kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya-PT Sacna-dan PT BRP (KSO).

Bendungan Sepaku Semoi bakal menambah daftar infrastruktur sumber daya air di Provinsi Kalimantan Timur.

Tercatat, saat ini sudah terdapat enam infrastruktur yang selama ini menjadi sumber pengambilan air baku.

Masing-masing Bendungan Manggar di Balikpapan (kapasitas tampung 14,2 juta meter kubik), Bendungan Teritip di Balikpapan (2,43 juta meter kubik), Embung Aji Raden di Balikpapan (0,49 juta meter kubik).

Kemudian, Bendungan Samboja di Kutai Kartanegara (5,09 juta meter kubik), Intake Kalhol Sungai Mahakam (0,02 juta meter kubik), dan Bendungan Lempake di Samarinda (0,67 juta meter kubik).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com