Kompas.com - 18/10/2021, 16:30 WIB
Kementerian PUPR Lakukan Penilaian Kualitas Layanan 63 Ruas Jalan Tol dan 123 Rest Area di Indonesia Kementerian PUPRKementerian PUPR Lakukan Penilaian Kualitas Layanan 63 Ruas Jalan Tol dan 123 Rest Area di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang melakukan kegiatan penilaian terhadap kualitas layanan di seluruh ruas jalan tol.

Kegiatan penilaian jalan tol berkelanjutan tahun 2021 ini dilakukan pada 12 Oktober hingga 21 November 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tenaga Ahli Menteri PUPR Bidang Lingkungan Sudirman mengatakan penilaian jalan tol 2021 dilakukan terhadap 44 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), 63 ruas jalan tol, dan 123 rest area yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

"Ada tiga aspek penilaian jalan tol berkelanjutan yaitu fungsi utama jalan tol, fungsi pendukung di rest area, serta fungsi pelengkap di rest area,” Sudirman dalam keterangannya, Senin (18/10/2021). 

Baca juga: Soal Rencana Terminal Mini di Rest Area Jalan Tol, Ini Kata Kemenhub

Menurutnya fungsi utama jalan tol mencakup aspek kelancaran, keselamatan, dan kenyamanan pengguna ruas jalan tol.

Fungsi pendukung jalan tol berupa penerapan regulasi tentang tempat istirahat dan pelayanan pada jalan tol yang merujuk pada terpenuhinya indikator standar pelayanan minimal (SPM) rest area.

Hal ini seperti tersedianya toilet, area parkir, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), tempat makan dan minum, mushola, dan sebagainya.

Sedangkan fungsi pelengkap di rest area berupa indikator beyond SPM yang dapat mengoptimalkan pemanfaatan rest area seperti kebersihan area rest area.

Termasuk manajemen pengelolaan sampah, branding ekonomi lokal melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat, penghijauan, serta penerapan protokol Covid-19.

Ketiga kriteria penilaian jalan tol berkelanjutan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 16 Tahun 2014 dan Permen PUPR Nomor 28 Tahun 2021.

Baca juga: Perhatikan, Interval Jarak Setiap Rest Area di Jalan Tol

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.