Kompas.com - 02/10/2021, 07:00 WIB
KSPN Labuan Bajo Kementerian PUPR KSPN Labuan Bajo

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya memaksimalkan potensi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo di Kabupaten Mangarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Labuan bajo dirproyeksikan sebagai destinasi pariwisata peremium kelas dunia yang dapat  menjadi daya tarik para pelancong dari berbagai negara. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karenanya saat ini kami tengah melakukan sejumlah pembenahan dan pembangunan dengan memaksimalkan potensi Labuan Bajo dan segala kekayaan alamnya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (01/10/2021). 

Menurutnya, salah satu destinasi pariwisata yang tengah disiapkan adalah Puncak Waringin yang berjarak sekitar 1 kilometer dari Bandara Komodo.

Baca juga: Bidang Tanah yang Belum Terpetakan, Hambat Proyek KSPN Labuan Bajo

Pekerjaan penataan Puncak Waringin terbagi dalam II tahap. Tahap I pelaksanaannya dimulai pada Juli hingga Desember 2019 dengan kegiatan pembangunan terdiri dari Gedung Utama seluas 350 meter persegi yang berfungsi sebagai lounge dan pusat cinderamata serta viewing deck.

Selanjutnya pembangunan tahap II pelaksanaanya pada tahun 2020 dengan kegiatan pembangunan terdiri dari bangunan komersial seluas 525 meter persegi yang berfungsi sebagai kios lengkap dengan toilet serta musola dan area tenun.

KSPN Labuan Bajo Kementerian PUPR KSPN Labuan Bajo
Di lokasi yang sama Kementerian PUPR juga membangun ruang terbuka publik seluas 1.700 meter persegi yang dilengkapi dengan amfiteater seluas 267 meter persegi dan area parkir seluas 235 meter persegi.

Seluruh pekerjaan dilakukan dengan penuh ketelitian dan detail yang mengedepankan kualitas artistik dan unsur seni.

Selain itu, Kementerian PUPR juga meningkatkan kualitas layanan jalan di Labuan Bajo.

Sejumlah pekerjaan peningkatan konektivitas yang dilakukan yakni pekerjaan penanganan ruas dalam kota sepanjang 16,8 kilometer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.