Kompas.com - 28/09/2021, 12:30 WIB
Proyek rehabilitasi dan modernisasi Jaringan Irigasi Rentang di Provinsi Jawa Barat Kementerian PUPRProyek rehabilitasi dan modernisasi Jaringan Irigasi Rentang di Provinsi Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR tengah melakukan rehabilitasi daerah irigasi skala besar sebagai upaya meningkatkan produktivitas pangan nasional untuk mencapai ketahanan pangan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, salah satu pekerjaan rehabilitasi daerah irigasi skala besar yang dilakukan lembaganya yaitu modernisasi Jaringan Irigasi Rentang di Jawa Barat yang mengairi areal pertanian seluas 87.840 hektar di tiga kabupaten.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meliputi Kabupaten Majalengka seluas 1.094 hektar, Kabupaten Cirebon 20.571 hektar dan Kabupaten Indramayu 66.175 hektar dengan memanfaatkan debit Sungai Cimanuk yang besar.

"Rehabilitasi Irigasi Rentang diharapkan akan meningkatkan intensitas penanaman (IP) dari 130 persen menjadi 250 persen," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Padat Karya Tunai Irigasi Serap 190.958 Pekerja

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi mengatakan, modernisasi Irigasi Rentang dilakukan karena usia sistem irigasi tersebut sudah puluhan tahun sehingga kinerja pelayanan airnya berkurang.

"Sekarang progres pekerjaannya sudah mencapai 29,12 persen," ujarnya.

Ismail menjelaskan, rehabilitasi Jaringan Irigasi Rentang telah dimulai sejak 2015-2018 pada Sistem Irigasi Sindupraja (Intake Bagian kanan).

Kemudian dilanjutkan pada 2020 dengan modernisasi Sistem Irigasi Cipelang (Intake Bagian Kiri).

Pengerjaannya berupa peningkatan bangunan utama (bendung dan kantong lumpur), peningkatan Saluran Induk (SI) Cipelang 12,4 kilometer, Barat 30,8 kilometer, dan Utara 30,2 kilometer.

Selain itu, juga peningkatan saluran sekunder kiri 199 kilometer, peningkatan saluran pembuang kiri 465 kilometer, pekerjaan telemetri 46 lokasi dan telecontrol 8 lokasi pekerjaan penunjang modernisasi.

Baca juga: Proyek Jaringan Irigasi Bendungan Kuningan Libatkan 930 Pekerja

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.