Kompas.com - 27/09/2021, 16:00 WIB
Kementerian PUPR melaksanakan program padat karya tunai salah satunya melalui P3TGAI Kementerian PUPRKementerian PUPR melaksanakan program padat karya tunai salah satunya melalui P3TGAI

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi program padat karya tunai (PKT) pada 2021 yang dilakukan Kementerian PUPR terus dipercepat.

Salah satunya melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang menjangkau 11.968 lokasi dengan anggaran Rp 2,7 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelaksanaanya oleh oleh Balai Besar/Balai Wilayah Sungai pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) di seluruh Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa selain membangun infrastruktur berskala besar seperti bendungan dan bendung, pihaknya juga membangun infrastruktur kerakyatan.

Baca juga: 324.554 Orang Terserap Program Padat Karya Tunai Cipta Karya

Yakni dilaksanakan lewat program PKT seperti jaringan irigasi kecil, sehingga air dapat mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani.

Sebab, program infrastruktur kerakyatan atau Padat Karya Tunai sangat penting bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Selain untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa atau pelosok," katanya dalam keterangan pers.

Menurut dia, pola pelaksanaan PKT nantinya juga harus memperhatikan protokol physical and social distancing.

Berdasarkan data e-monitoring hingga 23 September 2021, capaian PKT P3TGAI sudah 95,68 persen senilai Rp 2,4 triliun dengan serapan tenaga kerja sebanyak 190.958 orang di 10.735 lokasi.

Dengan percepatan realisasi program PKT ini diharapkan dapat mempertahankan daya beli masyarakat di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global akibat Pandemi Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.