Kompas.com - 27/09/2021, 13:31 WIB
Pengusaha mebel bisa manfaatkan program restrukturisasi mesin IKM sektor furnitur dari Kemenperin KemenperinPengusaha mebel bisa manfaatkan program restrukturisasi mesin IKM sektor furnitur dari Kemenperin

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri furnitur Indonesia dinilai masih menunjukkan geliat positif di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Nilai ekspor industri furnitur pada tahun 2020 sebesar 2,19 miliar dolar AS atau sekitar Rp 31,2 triliun. Angka ini naik 12,2 persen dibandingkan capaian 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Plt. Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita menambahkan, tren positif juga tercermin pada kinerja ekspor furnitur pada periode Januari-Agustus 2021.

"Dengan kenaikan sebesar 30,8 persen dibanding periode yang sama tahun 2020,” kata Reni dalam keterangan pers, Minggu (26/9/2021).

Dengan kondisi itu, Pemerintah berupaya mendorong pengembangan pelaku industri kecil dan menengah (IKM) sektor furnitur,

Baca juga: Industri Furnitur Indonesia Tumbuh 8,04 Persen

Salah satu strateginya adalah menerapkan pola kemitraan antara IKM dengan industri besar atau industri menengah.

Sebagai bagian membangun ekosistem rantai pasok sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam proses produksi.

Akan tetapi, perlu adanya peningkatan kemampuan industri kecil dalam memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan oleh industri besar atau industri menengah sebagai offtaker.

"Kami memiliki program pendampingan yang diberikan kepada pelaku industri kecil yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk," ujar Reni.

Selain itu, Reni mengatakan, Kemenperin juga memiliki program restrukturisasi mesin dan peralatan produksi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.