Kompas.com - 21/09/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi mal vadimguzhvaIlustrasi mal

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat terpuruk tahun lalu karena pandemi Covid-19, sektor ritel di Jakarta mulai berangsur-angsur pulih awal tahun ini.

Berdasarkan riset Savills Indonesia, kebangkitan sektor ritel mulai terjadi setelah pemerintah melakukan relaksasi terhadap pembatasan wilayah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan terdapat pembukaan dua pusat perbelanjaan baru yakni Mal Taman Aggrek Residence dan Mal Pondok Indah 3.

Kedua proyek ini menyumbang sekitar 61.500 meter persegi ruang ritel baru ke segmen mall kelas atas.

"Dengan tambahan tersebut, total ruang ritel di area Jakarta pun meningkat menjadi sekitar 3,3 juta meter persegi," ungkap Head of Research Savills Indonesia Anton Sitorus.

Baca juga: Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal, Pengusaha Incar Pertumbuhan 10 Persen

Secara keseluruhan, jumlah ruang ritel baru mulai dari Januari hingga Juni 2021 sekitar 21.400 meter persegi. Jumlah ini dua kali lipat dari angka penambahan ruang ritel tahun lalu.

Dengan penambahan dua mal baru yang menyumbang luasan ruang ritel sebesar 61.500 meter persegi, maka ruang ritel di Jakarta naik tipis dari 12 persen menjadi 13 persen saja.

Namun presentasi ruang mal kelas meningkat dari 9 persen menjadi 12 persen pada akhir Juni 2021.

Total keseluruhan ruang ritel masih didominasi oleh pusat perbelanjaan kelas menengah ke atas dengan komposisi sekitar 40 persen.

Sedangkan pusat perbelanjaan kelas atas menguasai 12 persen ruang ritel dan kelas menengah ke bawah menguasi 13 persen ruang dari total keseluruhan.

Pada bulan Juni lalu, menjelang perayaan Idul Fitri, jumlah kunjungan ke pusat-pusat perbelanjaan pun mulai meningkat sehingga para pengusaha ritel mulai bersiap untuk pulih.

"Namun, angka peningkatan kasus Covid-19 varian Delta yang kian meningkat pada bulan Juli membuat pembatasan wilayah kembali diberlakukan dan kunjungan ke pusat perbelanjaan pun dibatasi," pungkas Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.