Kompas.com - 21/09/2021, 12:00 WIB
Waskita karya Raih Penghargaan The World Infrastructure Awards 2020 di Kanada Waskita KaryaWaskita karya Raih Penghargaan The World Infrastructure Awards 2020 di Kanada

 JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menargetkan pertumbuhan positif Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 25 persen hingga 5 tahun ke depan.

"Perseroan menargetkan pertumbuhan kinerja positif dengan rata-rata pertumbuhan CAGR hingga 25 persen pada 3 hingga 5 tahun ke depan," kata Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono dalam konferensi pers, Senin (20/09/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Destiawan menjelaskan, Perseroan berkomitmen untuk terus menjamin keberlangsungan usaha perusahaan serta berkomitmen untuk menjaga kepercayaan publik.

Perusahaan juga akan concern dan mengelola keuangan dengan baik, karena dengan adanya penyertaan modal negara (PMN), memberikan kepercayaan tinggi.

Baca juga: Terdampak Pandemi, Dua Anak Usaha Waskita Karya Tunda IPO Tahun Ini

"Sehingga tentu kami akan menjalankan kepercayaan ini dengan lebih baik dan tanggung jawab," ucap dia.

Waskita Karya akan melakukan berbagai langkah, salah satunya dengan restrukturisasi utang dari 21 bank senilai Rp 29,2 triliun. Hal ini merupakan upaya dalam menyehatkan kondisi keuangan perusahaan.

Restrukturisasi utang ini juga merupakan bagian dari tranformasi bisnis Waskita yang tertuang dalam 8 stream penyehatan keuangan.

Dampak positif dari implementasi 8 stream penyehatan keuangan Waskita Karya juga mulai tecermin pada kinerja Semester I-2021.

Perseroan berhasil mencatatkan laba bersih usaha sebesar Rp 22,4 miliar atau meningkat sebesar 102,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Utang Waskita Karya Rp 29,2 Triliun, Direstrukturisasi 100 Persen

Program 8 stream penyehatan keuangan Waskita terdiri dari proses restrukturisasi perseroan induk dan anak usaha, penjaminan pemerintah, PMN dan rights issue, divestasi aset jalan tol, penyelesaian konstruksi, transformasi bisnis, serta implementasi Good Corporate Governance (GCG) dan manajemen risiko.

"Saya yakin 25 persen ini akan tercapai. Jadi 8 stream ini merupakan program base strukturisasi yang komplit, tidak hanya terkait dengan keuangan tapi juga kami melakukan tranformasi bisnis dan upaya untuk meningkatkan pengamanan dan efisiensi termasuk melakukan mitigasi risiko," tutur dia.

Ke depan, Waskita juga menjamin untuk lebih transparan dalam menjalankan bisnisnya.

"Dan Waskita dalam proses bisnisnnya ke depan akan lebih transparan lagi sehingga risiko-risiko yang dihadapi ini harus bisa dimitigasi dengan baik sebelum melaksanakan dan sebelum dapat proyek-proyek baru," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.