Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transformasi Bisnis Pasca-pandemi, Waskita Realty Incar Portofolio Berbasis TOD

Kompas.com - 15/08/2021, 10:32 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Realty, anak usaha BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk tengah mengincar portofolio berbasis Transit Oriented Development (TOD).

Satu di antara yang dibidik dan telah dilakukan pembicaraan dengan PT MRT Jakarta adalah TOD Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Selain TOD Lebak Bulus, Waskita juga menginisiasi pengembangan TOD-TOD lainnya yang saat ini masih dilakukan pembicaraan dengan pemilik lahan di sekitar stasiun-stasiun MRT Jakarta.

Mempertimbangkan harga lahan yang sudah demikian tinggi, Waskita Realty pun tengah mempersiapkan strategi harga agar dapat terjangkau oleh pembeli hunian pertama atau first time home buyer.

Baca juga: Waskita Rilis Tempat Nongkrong Baru di Vasaka Nines BSD City

Demikian halnya dengan pengembangan portofolio berskala township yang terintegrasi jalan tol atau Toll Road City, juga tengah dipersiapkan.

Pengembangan portofolio berbasis TOD dan Toll Road City ini merupakan bagian dari transformasi bisnis perusahaan sebagai antisipasi terhadap dinamika pasar pasca-pandemi Covid-19.

Direktur Utama Waskita Realty Eri Prananto menuturkan, hingga saat ini, penandatanganan memorandum of understanding (MoU) untuk proyek TOD di Lebak Bulus masih menunggu keputusan PT MRT Jakarta.

"Kami menunggu dari MRTJ," ujar Eri kepada Kompas.com, Minggu (15/8/2021).

Transformasi bisnis pasca-pandemi ini dilakukan sesuai dengan kapasitas perusahaan yang memiliki sejumlah tantangan, namun perlu pasokan sumber daya untuk mendukung realisasi proyek-proyek baru.

Baca juga: Waskita Realty Raup Pendapatan Rp 236,31 miliar

Salah satu strategi yang akan dilakukan dalam transformasi bisnis ini adalah menjalin kolaborasi  lahan maupun kapital dengan sejumlah stakeholerds.

Saat ini, imbuh Eri, perusahaan masih berusaha untuk bisa meraih pasar yang sedang lesu dengan program-program penjualan secara daring dan luring.

"Kami berusaha untuk bisa menyelesaikan persediaan dan penjualan properti yang ada," ucap Eri.

Caranya dengan mengimplementasikan strategi penjualan bulksale maupun menjadikan service residence yang dikelola hotelier sebagai salah satu sumber pendapatan berkelanjutan.

Eri optimistis dapat menuntaskan penjualan karena portofolio properti yang dikembangkan perusahaan berada di lokasi-lokasi strategis.

Portofolio tersebut adalah Vasaka The Reiz Condo Medan, Teraskita Hotel Jakarta, Vasaka Solterra, Waskita Rajawali Tower, Vasaka Nines, Brooklyn, Yukata Suites, dan Maison Teraskita Bandung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com