Kompas.com - 18/09/2021, 21:30 WIB
Tiga kandidat Ketum IAI 2021-2024 Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)Tiga kandidat Ketum IAI 2021-2024


JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi Ikatan Arsirek Indonesia (IAI) tengah menjalani rangkaian pemilihan Ketua Umum (Ketum) baru periode 2021-2024.

Pada Sabtu (18/9/2021), berlangsung kegiatan bertajuk 'Visioning Tiga Kandidat Ketua Umum IAI 2021-2024" di Bandung dan terselenggara secara virtual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiga kandidat tersebut adalah Ahmad Saifudin Mutaqi, Gerogius Budi Yulianto, dan I Ketut Rana Wiarcha.

Dalam kesempatan itu, sejumlah pertanyaan diajukan. Salah satunya tentang perlunya pembaruan dalam peraturan berorganisasi di IAI yang dianggap kuno karena sudah lama dibuat.

Baca juga: Inilah Tiga Kandidat Ketua Umum IAI 2021-2024

Menanggapi hal itu, Ahmad Saifudin Mutaqi mengatakan, IAI sudah memiliki payung hukum perundang-undangan yang bagus. Di antaranya UU Arsitek, UU Bangunan Gedung, hingga UU Jasa Konstruksi.

"UU ini sudah mantap. Sudah turun di peraturan-peraturan organisasi. Tapi memang perlu sinkronisasi kebijakan," kata Ahmad.

Menurut dia, IAI juga sudah memiliki AD ART, kode etik, hingga buku pedoman yang mengatur hubungan kerja antara arsitek dengan pengguna jasa.

"Itu semua harus kita evaluasi, kita perbarui, dalam rangka menguatkan dan memberdayakan anggota," imbuh Ahmad.

Zaman yang serba teknologi harus disesuaikan dengan aturan-aturan di dalam organisasi. Oleh karena itu harus ditata kembali.

Baca juga: Rumah Ernest Direnovasi Tak Sesuai Ekspektasi, Begini Tanggapan IAI

Tapi bukan dari peraturan yang paling atas, melainkan pada tiga aturan pokok, AD ART, kode etik dan hubungan kerja antara arsitek dengan pengguna jasa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.