Sekarang, Pendaftaran Tanah Bisa Dilakukan secara Online Lewat Loketku

Kompas.com - 18/09/2021, 17:00 WIB
Aplikasi website Loketku Kementerian ATR/BPNAplikasi website Loketku

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui teknologi informasi aplikasi Loketku.

Loketku adalah aplikasi berbasis website yang merupakan layanan mandiri pertanahan online bagi masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masyarakat dapat mendaftarkan berkas permohonan layanan pertanahan di seluruh kantor pertanahan (kantah) se-Indonesia dari rumah.

Aplikasi ini akan diluncurkan pada 24 September 2021 atau bertepatan dengan HUT ke-61 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA).

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Kondisi Tanah Pekalongan Lebih Gawat ketimbang Jakarta

"Aplikasi Loketku memudahkan masyarakat dengan fitur antrean online, sehingga jumlah pengguna layanan yang datang langsung ke kantah dapat dikontrol, dan masyarakat dapat memilih waktu dan menyesuaikan dengan waktu senggangnya," kata Virgo dalam keterangannya, Sabtu (18/09/2021). 

Kementerian ATR/BPN terus melakukan sosialisasi aplikasi tersebut untuk meningkatkan awareness khususnya kepada kepala kantor wilayah (kakanwil) BPN seluruh Indonesia.

Dengan begitu Loketku dapat diterapkan secara efektif oleh jajaran kantah di dan satuan kerja (satker) Kementerian ATR/BPN di seluruh wilayah di Indonesia. 

"Sesuai dengan data dashboard Loketku hingga saat ini pengguna aplikasi Loketku baru 17 kantor wilayah (kanwil) BPN serta 44 kantah, maka diharapkan setelah adanya sosialisasi ini 33 kanwil dan Kantah seluruh Indonesia menggunakan aplikasi Loketku ini," tutur dia. 

"Saya ingin menekankan kepada seluruh kakanwil untuk bergerak cepat sehingga aplikasi Loketku ini akan berjalan dengan baik," lanjutnya. 

Aplikasi Loketku merupakan agregasi dari inovasi-inovasi yang telah ada sebelumnya yang telah dilakukan oleh beberapa kantah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.