Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Ernest Direnovasi Tak Sesuai Ekspektasi, Begini Tanggapan IAI

Kompas.com - 05/08/2021, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, Sutradara sekaligus Komika Ernest Prakasa mengungkapkan kekecewaannya atas hasil kerja dari kontraktor yang dipilih dalam renovasi rumahnya.

Melalui unggahan akun Instagramnya, Ernest meminta maaf kepada para followers (pengikut) yang menggunakan jasa kontraktor atas rekomendasi dirinya.

"Kepada para followers saya & @meiranastasia yang ikut menggunakan jasa @delution_architect karena melihat IG kami, saya minta maaf. Saya merasa postingan ini perlu, karna kami tidak ingin duka ini turut dirasakan oleh lebih banyak orang," tulis Ernest.

Saat merenovasi rumahnya, Ernest menggunakan jasa firma arsitek DELUTION yang dia akui bagus dengan banyak arsitek muda yang kreatif dan menyenangkan.

Dia dan sang istri, Meira Anastasia, pun sangat gembira dengan desain rumah yang dirancang oleh DELUTION.

Namun, masalah muncul ketika proses eksekusi renovasi rumah dari jasa kontraktor dalam naungan kelompok usaha yang sama dengan DELUTION.

Ernest dan sang istri menjelaskan mengapa mereka harus mengungkapkan masalah tersebut baru-baru ini.

Mereka baru saja menghuni rumah hasil renovasi dan menemukan banyak kecacatan yang menurutnya telah menghabiskan energi.

Baca juga: Agar Tidak Tertipu, Perhatikan Cara Memilih dan Menyeleksi Kontraktor

"Saya minta maaf juga buat rekan-rekan @delution_architect karna terpaksa membuat postingan ini. It’s nothing personal, I feel this is my responsibility as someone who promoted you guys," tutup Ernest.

Menanggapi hal ini, Deputi Ketua V Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Nasional Don Ara Kian mempertanyakan apakah kontraktor menjalankan rekomendasi dari arsitek atau tidak, terutama jika permasalahan berasal dari spesifikasi teknis yang tak sesuai harapan.

"Biasanya, produk desain itu sudah lengkap dengan spesifikasi teknisnya. Nah, tinggal bagaimana dia menggunakan spesifikasi teknis yang direkomendasikan oleh arsitek atau nggak," terang Don kepada Kompas.com, Rabu (04/08/2021).

Tapi, hal ini juga kembali lagi pada kemampuan budget (anggaran) yang dimiliki dari pemilik (klien) tersebut, khususnya soal spesifikasi teknis.

Misalnya, dalam mendesain fasad atau material bangunan yang digunakan itu sudah diperhitungkan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Dalam hubungan kerja, pihak kontraktor bisa saja direkomendasikan oleh arsitek yang mendesain proyek.

Bagi arsitek yang sudah berpengalaman, mereka pasti akan menyarankan kontraktor yang bagus agar hubungan dapat terjalin dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com