Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsitek Amerika Rancang Desa Masa Depan di Bulan

Kompas.com - 05/07/2021, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Firma arsitektur ternama asal Amerika Serikat, Skidmore, Owings & Merrill (SOM) memamerkan rancangan terbaru mereka yakni hunian masa depan di Bulan.

Rancangan bernama “Life Beyond Earth, a Vision for a Moon Village”, dipamerkan saat berpartisipasi dalam acara arsitektur bergengsi, Biennale Arsitektur Venesia Internasional ke-17.

Dikembangkan bersama European Space Agency (ESA), instalasi dari SOM ini menyajikan ekosistem berkelanjutan yang akan mendukung kehadiran manusia di bulan.

Baca juga: Elon Musk dan Ambisi Bangun Kota Sejuta Penduduk di Planet Mars

Proyek ini menegaskan pentingnya eksplorasi ruang angkasa sambil menyoroti potensi untuk memajukan pengetahuan dan membantu mengatasi masalah di Bumi.

Tempat tinggal yang dihadirkan oleh SOM berupa sebuah modul, yang dirancang dalam kerangka kaku dengan cangkang struktural tiup.

Bila mengamati detil dari dekat, akan terlihat habitat yang menunjukkan teknik dan teknologinya sekaligus memberikan gambaran kehidupan sehari-hari di permukaan Bulan.

Instalasi desa masa depan di bulan yang dirancang oleh firma arsitektur Amerika Serikat, Skidmore, Owings & Merrill (SOM) bekerja sama dengan European Space Agency (ESA). Rancangan ini dipamerkan di Biennale Arsitektur Venesia Internasional ke-17.
Dezeen Instalasi desa masa depan di bulan yang dirancang oleh firma arsitektur Amerika Serikat, Skidmore, Owings & Merrill (SOM) bekerja sama dengan European Space Agency (ESA). Rancangan ini dipamerkan di Biennale Arsitektur Venesia Internasional ke-17.
Direktur Associate SOM Georgi Petrov mengatakan pameran ini dirancang untuk mendidik dan menginspirasi audiens dari semua latar belakang dan menawarkan eksplorasi ruang angkasa di masa depan.

Sementara itu, Mitra Desain SOM Colin Koop mengatakan kemitraan SOM dengan ESA menunjukkan bagaimana kolaborasi interdisipliner dapat mendukung eksplorasi ruang angkasa.

“Dibutuhkan pendekatan yang tidak konvensional untuk proyek ini. Kami menggabungkan keahlian industri bangunan dan ruang angkasa serta menerapkan pengetahuan dari bidang arsitektur, perencanaan kota, sains, perdagangan, dan psikologi,” ujar Koop.

Life Beyond Earth menjawab pertanyaan besar dalam pameran di Venezia kali ini, yaitu bagaimana gambaran tentang apa yang menjadi babak baru dalam evolusi masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com