Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menuju Munas XVI, IAI Tetapkan Bakal Calon Ketua Umum 20 Agustus

Kompas.com - 11/06/2021, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) akan menggelar hajatan besar yakni Musyawarah Nasional (Munas) XVI dengan salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum IAI masa bhakti 2021-2024.

Bakal calon ketua umum IAI akan ditetapkan pada 20 Agustus 2021 mendatang yang sudah dikerucutkan menjadi tiga nama.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Munas IAI XVI Don Ara Kian mengungkapkan agenda ini kepada Kompas.com, Jumat (11/06/2021).

"Bakal calon ini kami tetapkan sebagai calon ketua (IAI) itu nanti tanggal 20 Agustus (2021). Jadi, sesuai dengan AD/ART, kami mengerucutkan tiga nama," jelas Don.

Don menjelaskan, saat ini prosesnya masih tahap penjaringan bakal calon sekaligus verifikasi daftar pemilih sementara (DPS) yang dimulai sejak 28 Mei-25 Juli 2021.

Pada tahapan ini, Panlih mengirim formulir usulan bakal calon Ketua Umum IAI beserta daftar anggota profesional yang berhak dipilih kepada pengurus provinsi/wilayah/perwakilan untuk menyampaikan kepada seluruh anggota IAI.

Setelah itu, pengurus provinsi/wilayah/perwakilan akan mengembalikan formulir usulan bakal calon tersebut untuk diverifikasi oleh Panlih.

Baca juga: IAI Usul Hasil Sayembara Ibu Kota Dipamerkan di Gedung Pola

Kemudian, pada 30 Juli 2021, akan ditetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada tahap I.

Tahapan selanjutnya, akan dilakukan verifikasi calon ketua umum IAI yang dilaksanakan di Provinsi Bali pada 15-20 Agustus 2021.

Verifikasi ini dilakukan oleh Majelis Organisasi (MO), Majelis Kehormatan (MK), serta Panlih.

Dengan demikian, pada 20 Agustus 2021 nanti sudah bisa ditetapkan dan dimumkan tiga calon Ketua Umum IAI.

Setelah itu, para peserta pemilih menggunakan hak pilihnya secara daring atau e-vote melalui aplikasi WhatsApp dan e-mail mulai 16-18 September 2021.

Namun sebelum itu, Panlih Munas IAI XVI akan mengadakan rapat dengan vendor penyedia e-vote pada 16 Juni 2021 di Bandung untuk mengetahui sistem pemungutan suara Ketua Umum IAI kali ini.

Berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan oleh Panlih Munas IAI pada tahun-tahun sebelumnya, pemungutan suara juga dilakukan melalui WhatsApp, e-mail, maupun jejaring SMS.

"Nah, mungkin nanti ada beberapa pembaruan-pembaruan, nanti kami rapat bersama dengan vendor penyedia e-vote ini," tutur Don.

Sementara pengumuman Ketua Umum IAI Periode 2021-2024 akan terlaksana pada 18 September 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com