Kompas.com - 25/08/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi rumah yang mendapatkan bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dok. TIM KOMUNIKASI PUBLIK BP2P WILAYAH NUSA TENGGARA I / BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRIlustrasi rumah yang mendapatkan bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5 triliun untuk penyediaan perumahan pada tahun 2022.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dana ini diperuntukkan bagi kategori masyarakat yang dilayani oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya ingin yang melalui APBN tidak sedikit juga tahun 2022 ini ada Rp 5 triliun untuk penyediaan perumahan," ujar Basuki dalam sambutannya pada acara Puncak Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2021, Rabu (25/08/2021).

Masyarakat yang penyediaan perumahannya dilayani APBN ini berbeda dengan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sebab, MBR dapat memperoleh pembiayaan perumahan melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dari bank pelaksana dan pengembang.

Oleh karena itu, kategori masyarakat yang dilayani oleh APBN menjadi fokus Pemerintah pada tahun depan.

Baca juga: Basuki: Jangan Lupakan Rumah Rakyat yang Masih Dibiayai APBN

Kebutuan rumah untuk masyarakat tersebut bisa dilakukan melalui pembangunan rumah susun (rusun) dan lain-lain.

Hal ini dilakukan dalam mengentaskan kemiskinan dan menurunkan angka stunting (kekurangan gizi) di Indonesia.

Pengentasan kekurangan gizi dan kemiskinan ini tidak cukup dalam bantuan sosial (bansos), tetapi juga membutuhkan dukungan perumahan berupa air bersih dan sanitasi.

"Pak Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengatakan, untuk mengentaskan kemiskinan tidak cukup bansos dan lain-lain, tapi juga butuh dukungan perumahan," tambah dia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.