Kompas.com - 25/08/2021, 14:00 WIB
Kajian dan penelitian kondisi bangunan perlintasan Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Kartasura-Karanganyar. Dok. PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN).Kajian dan penelitian kondisi bangunan perlintasan Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Kartasura-Karanganyar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama Universitas Gajah Mada (UGM), PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) tengah melakukan kajian dan meneliti kondisi bangunan perlintasan Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Kartasura-Karanganyar.

Penelitian ini berlangsung selama tiga bulan yaitu sejak awal Juli 2021 hingga September 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama JSN Arie Irianto menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui lebih jauh kondisi struktur bangunan perlintasan jembatan, overpass dan underpass, serta perkerasan di segmen itu.

"Hal ini bermanfaat untuk proses mitigasi dan update (pembaruan) pengetahuan serta temuan baru terhadap konstruksi, pengoperasian, dan pemeliharaan jalan tol,” kata dia dalam siaran pers, Rabu (25/08/2021).

Dengan penelitian tersebut diharapkan mampu memberikan masukan bagi JSN selaku pengelola Tol Solo-Ngawi agar dapat meningkatkan Standar Pelayananan Minimal (SPM) bagi pengguna jalan tol.

Penelitian ini dipimpin langsung oleh ahli Nonlinear Finite Element Analysis Structure Dynamic and Earthquake Engineering UGM Bambang Suhendro, dan dibantu oleh dua tim Teknik Sipil UGM.

Baca juga: UPDATE Penyekatan di Jalan Tol Jadebotabek, Semarang, Solo, Ngawi dan Malang

Tim ini melakukan tinjauan dan pengujian terhadap struktur bangunan jalan dan jembatan di Tol Solo-Ngawi.

Lokasi yang dicermati meliputi delapan jembatan utama yaitu Jembatan Bengawan Solo, Jembatan Kali Pepe 1, 2, 3, dan 4, Jembatan Sawahan, Jembatan Gondangrejo, serta Jembatan 502.

Selain itu, juga dilakukan pengamatan pada 24 overpass, 27 underpass, dan perkerasan main road (jalan utama) dari Km 492+040-Km 513+750 di kedua arah Tol Solo-Ngawi.

Berdasarkan kunjungan awal yang telah dilakukan, terdapat beberapa lokasi jembatan yang perlu dilakukan perawatan lebih lanjut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.