Kompas.com - Diperbarui 25/08/2021, 14:21 WIB
Simpang Susun (SS) di Tol Tangerang-Merak. Dok. PT Jasamarga Metropolitan Tollroad.Simpang Susun (SS) di Tol Tangerang-Merak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Trafik jalan tol di Indonesia selama Semester I atau periode Januari-Juli 2021, menunjukkan pemulihan dan penguatan yang sangat baik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebenarnya rebound time untuk traffic jalan tol sangat baik," ujar Danang.

Pemulihan ini ditandai jumlah transaksi yang mencapai 636,9 juta transaksi dengan volume senilai Rp 11,3 triliun.

Baca juga: Drama Proyek Enam Tol Dalam Kota, Ditolak Awalnya Diresmikan Akhirnya

Ini artinya, volume transaksi tersebut telah menyentuh lebih dari 50 persen dari target prognosis Tahun 2021 senilai Rp 22,5 triliun.

Bahkan, Danang optimistis dengan tuntasnya Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 dan ruas-ruas baru lainnya, volume transaksi ini dapat melampaui target prognosis menjadi sekitar Rp 25 triliun hingga pengujung tahun.

Hal senada dilaporkan Asosiasi Jalan Tol Indonesia yang mencatat LHR jalan tol pada Semester I mengalami kenaikan 8 persen dibanding periode yang sama tahun 2020.

Meski mengalami kenaikan, namun menurut Sekretaris Jenderal ATI Krist Ade Sudiyono, angka tersebut masih 12 persen lebih rendah dibandingkan performansi sebelum pandemi Covid-19 pada tahun 2019.

"Hal ini terjadi semata-mata karena pada 2021, tidak terjadi eventual winfall trafik karena hari-hari khusus," kata Krist.

Misalnya trafik libur panjang dan arus mudik Lebaran sebelum terjadi pandemi biasanya menjadi berkah bagi para pelaku usaha jalan tol.

Baca juga: Tuntaskan 8 Ruas Tol Trans-Sumatera, Hutama Karya Usulkan PMN Rp 31,35 Trilun

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.