Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, HK Realtindo Kembangkan Aset Potensial Induk Usaha

Kompas.com - 20/08/2021, 19:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HK Realtindo berencana mengembangkan aset-aset lahan milik induk usaha PT Hutama Karya (Persero) pada tahun 2022 mendatang.

Presiden Direktur HK Realtindo Sugiarti mengungkapkan rencana yang akan dijalankan perusahaan, dalam jawaban tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/8/2021).

Menurut Sugiarti, hingga saat ini masih banyak aset lahan potensial milik induk usaha yang dapat dikembangkan menjadi produk properti sehingga dapat meningkatkan nilai (value) dari aset tersebut.

"Rencana ini akan dijalankan melalui sinergi, koordinasi dan kolaborasi dengan Hutama Karya. Saat ini, kami masih fokus pada penyelesaian proyek-proyek yang sedang berjalan," ujar Sugiarti.

Selain mengembangkan aset milik induk usaha, imbuh Sugiarti, perusahaan juga membuka peluang untuk menambah portofolio properti yang banyak diminati masyarakat, seperti perumahan tapak atau landed house

"Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika di kemudian hari HK Realtindo akan membangun proyek high rise berbasis Transit Oriented Development (TOD)," imbuh dia.

Meski belum ada rencana, Sugiarti melihat 24 kawasan TOD yang dicanangkan Pemerintah pada 2020 seperti TOD Cawang, Dukuh Atas, dan Tanah Abang akan menjadi kawasan yang sangat menarik untuk dikembangkan ke depannya.

Hal ini karena ketiga kawasan tersebut menjadi salah satu simpul mobilitas dari masyarakat di Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, TOD juga dinilai sebagai inovasi yang sangat baik untuk penataan suatu kota. Properti berbasis TOD pasti akan sangat menguntungkan pada masa mendatang.

"Karena TOD memberikan kemudahan bagi para penghuni. Dengan lokasi strategis yang dilengkapi fasilitas dan infrastruktur transportasi massal, TOD akan banyak dilirik," cetus Sugiarti.

Ditopang recurring revenue 

Hingga 31 Juli 2021, HK Realtindo mencatat penjualan senilai Rp 149,44 miliar yang sebagian besar dikontribusi oleh Aston Priority Simatuang dengan porsi 18 persen atau Rp 32,36 miliar.

Melihat pencapaian ini, Sugiarti optimistis, HK Realtindo dapat mencapai target penjualan sesuai Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2021.

"Dari segi penjualan, kami cukup optimistis dengan memanfaatkan promo bebas PPN, bekerja sama dengan Perbankan untuk fasilitas uang muka atau down payment (DP) 0 persen, dan diskon hingga ratusan juta rupiah untuk memudahkan konsumen memiliki hunian," tutur Sugiarti.

Adapun proyek-proyek yang sedang dikerjakan HK Realtindo sebagai berikut:

  1. H Residence Sentul
  2. H Residence City Sawangan
  3. H Residence Amethyst Kemayoran

Sementara portofolio eksisting adalah sebagai berikut:

  1. Enviro
  2. H Residence MT Haryono
  3. Kubikahommy
  4. H Tower
  5. Pasar Besar Tuban
  6. HA-KA Hotel Semarang
  7. Harper MT Haryono
  8. Citadines Rasuna Said
  9. Aston Priority Simatupang

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com