Kompas.com - 20/08/2021, 17:00 WIB
Proses pembangunan hunian tetap bagi korban bencana Siklon Tropis Seroja di NTT. Kementrian PUPRProses pembangunan hunian tetap bagi korban bencana Siklon Tropis Seroja di NTT.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya memulihkan kerusakan pasca-bencana banjir dan longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT), pemerintah tengah membangun hunian tetap (huntap) bagi para korban bencana.

Uniknya, huntap yang sedang dikerjakan di Kabupaten Lembata dan Kabupaten Flores Timur ini dibangun menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar pembangunan huntap bagi korban bencana Siklon Tropis Seroja ini, dapat dipercepat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan huntap yang tengah dibangun di Kabupaten Lembata sebanyak 700 unit dan di Adonara, Kabupaten Flores Timur sebanyak 300 unit.

Baca juga: Pasca-bencana NTT, 300 Panel Risha Mulai Dikirim ke Pulau Adonara

“Progres konstruksinya saat ini telah mencapai 27,6 persen di Kabupaten Lembata dan 20,5 persen di Kabupaten Flores Timur. Kami terus berupaya menyelesaikan pembangunan huntap agar masyarakat bisa segera menikmatinya,” terang Basuki dalam rilis pers, Jumat (20/8/2021).

Basuki menjelaskan pembanguan huntap dilakukan dengan pendekatan build back better and safer, sehingga tidak asal membangun saja.

“Huntap ini tidak sekadar membangun kembali, tetapi membangun lebih baik dan lebih aman dari sebelumnya,” tandas Basuki.

Pembangunan huntap dengan menerapkan teknologi RISHA ini dianggap memudahkan. Hal ini karena konstruksi knock down-nya dapat dibangun dalam waktu cepat dengan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya.

Ketua Satgas Penanganan Bencana Kementerian PUPR di NTT dan NTB Widiarto mengatakan Huntap yang dibangun memiliki tipe 36 dengan luas tanah 108 meter persegi.

Semua huntap telah dilengkapi prasarana dasar permukiman antara lain jaringan air bersih, jaringan sanitasi, jalan lingkungan, saluran drainase dan fasilitas umum lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.