Pemerintah Tebar Stimulus, Saatnya Berburu Rumah di Tengah Pandemi

Kompas.com - 20/08/2021, 16:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah merupakan kebutuhan primer yang diidamkan setiap orang. Namun memiliki rumah bukanlah perkara gampang karena harganya yang tinggi terutama di daerah perkotaan.

Pada masa pandemi Covid-19 yang serba sulit ini banyak yang menganggap membeli rumah adalah hal yang mustahil terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Namun ternyata, saat krisis ini justru dianggap sebagai kesempatan emas untuk berburu rumah murah.

Untuk diketahui, properti terutama perumahan merupakan salah satu sektor yang menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Pertahankan Tren Pertumbuhan Sektor Properti, REI Genjot Penjualan hingga 20 Persen

Pada tahun 2020, sektor real estate berkontribusi sekitar 2,7 persen terhadap pertumbuhan ekonomi Nasional, dan tahun ini hingga Kuartal II-2021 kontribusi tak berubah, tetap di kisaran 2,82 persen.

Karena itu, pemerintah kemudian memberikan stimulus berupa pelonggaran dan keringanan terutama sektor fiskal MBR dan kelas menengah agar mereka bisa membeli rumah dengan harga lebih terjangkau.

Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida dalam wawancara bersama Kompas.com, Jumat (20/8/2021) mengatakan, masyarakat harus memanfaatkan momentum pandemi ini agar bisa mendapatkan rumah murah.

“Salah satu bantuan yang diberikan adalah Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP), ada diskon pajak untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun yang baru,” ujarnya.

Totok menjelaskan selama ini pengembang tetap melakukan pembangunan rumah untuk segmen MBR.

Meski ia mengakui peminat rumah turun karena sebagian masyarakat yang berstatus karyawan kehilangan pekerjaan dan sebagian lainnya mengalami penurunan penghasilan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.