Dalam 5 Tahun, Jalan Tol Trans-Sumatera yang Telah Dibangun 531 Kilometer

Kompas.com - 17/08/2021, 12:00 WIB
Main Road Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru - Dumai Hutama KaryaMain Road Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru - Dumai

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) masih terus berlanjut meski di tengah pandmei Covid-19.

Hingga saat ini, total Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang telah beroperasi dan dapat dilalui masyarakat adalah sepanjang 531 kilometer.

"Tercatat hingga saat ini sepanjang 531 km JTTS telah dioperasikan oleh perusahaan dan dapat dilalui oleh masyarakat," kata Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam keterangan tertulis, Selasa (17/08/2021).

Menurut Koentjoro sejalan dengan tema peringatan HUT Ke-76 Republik Indonesia yaitu "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, pengoperasian JTTS sepanjang 531 kilometer ini menjadi bukti Hutama Karya dalam menjawab tantangan pembangunan jalan tol tersebut.

Baca juga: Jalan Tol Trans-Sumatera Dorong Pertumbuhan Investasi Properti

"Kami telah membangun dan mengoperasikan JTTS sepanjang lebih dari 500 kilometer ini dalam waktu kurang lebih lima tahun. Tentu lebih cepat dari pada rata-rata waktu pembangunan pada umumnya," ujarnya.

Selain menunjukkan progres yang signifikan, JTTS diklaim telah dibangun melalui berbagai kajian dan analisis dampak lingkungan.

Hal itu penting dilakukan sehingga mitigasi risiko dalam pembangunan jalan tersebut dapat dilakukan sejak awal.

Koentjoro memastikan pembangunan dan pengoperasian JTTS tidak merusak ekosistem.

"Kami sudah hitung amdal-nya, dan kehadirannya membawa banyak dampak dan manfaat bagi masyarakat khususnya di Sumatera,” aku Koentjoro.

JTTS akan memangkas waktu tempuh antar-daerah, memperlancar arus barang, dan menghidupkan titik-titik perekonomian baru di sepanjang Pulau Sumatera.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.