Jalan Tol Trans-Sumatera Dorong Pertumbuhan Investasi Properti

Kompas.com - 16/06/2021, 13:30 WIB
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Hutama karya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)

JAKARTA, KOMPAS.com - Beroperasinya Jalan Tol Trans-Sumatera dinilai akan mengerek pertumbuhan investasi di berbagai sektor, termasuk properti.

Head of Advisory Colliers Indonesia Monica Koesnovagril menuturkan, jika melihat tren pembangunan jalan tol di Pulau Jawa yang diikuti pertumbuhan industri properti, akan terjadi juga di area-area yang dilintasi Jalan Tol Trans-Sumatera.

"Dengan mempertimbangkan situasi di Jawa, pengoperasian jalan tol seharusnya memicu perkembangan properti di sepanjang jalur tersebut, terutama perkembangan industri dan perumahan yang kemudian didukung oleh perkembangan komersial," kata Monica dalam laporan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (16/06/2021).

Baca juga: Gerak Maju Tol Trans-Sumatera, Katalis Pertumbuhan Kawasan Industri Baru

Oleh karena itu, pembukaan Jalan Tol Trans-Sumatera diproyeksikan juga akan memicu pertumbuhan pembangunan properti di sepanjang ruas tersebut.

Jalan Tol Trans-Sumatera akan menghubungkan delapan provinsi di Pulau Sumatera, mulai dari Aceh di utara hingga Lampung di selatan baik melalui jalan tol utama dan jalan tol pendukung.

Pada kuartal pertama tahun 2021, pertanian merupakan sektor ekonomi utama di delapan provinsi, menyumbang 22 persen hingga 32 persen dari PDRB di setiap provinsi, kecuali Sumatera Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah pertanian, perdagangan menjadi sektor ekonomi utama di enam provinsi, memberikan PDRB 11 persen hingga 19 persen di setiap provinsi.

Manufaktur adalah sektor utama di empat provinsi, menyumbang 20 persen hingga 28 persen dari PDRB.

Lalu pertambangan merupakan sektor utama di tiga provinsi, menyumbang 13 persen hingga 20 persen dari PDRB.

Melihat struktur ekonomi di Sumatera, kawasan industri penunjang pertanian dan pertambangan berpeluang menjadi jenis utama pertumbuhan properti di sepanjang Jalan Tol Trans-Sumatera.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X