Unilever Ajak Masyarakat Olah Sampah

Kompas.com - 16/06/2021, 13:00 WIB
Bank Sampah Mekarsari 2. Dok. Unilever Indonesia.Bank Sampah Mekarsari 2.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Unilever Indonesia Tbk mendorong peran aktif masyarakat merestorasi ekosistem di daratan maupun lautan dengan menjadi bagian dari gerakan #GenerasiPilahPlastik.

Head of Corporate Affairs and Sustainability Unilever Indonesia Nurdiana Darus mengatakan, melalui gerakan tersebut, Unilever Indonesia mengajak masyarakat peduli lingkungan dan lebih bertanggung jawab terhadap kemasan yang digunakan, terutama plastik.

"Hal ini sejalan dengan strategi bisnis global yang dinamakan ‘The Unilever Compass’ dimana Unilever berkomitmen untuk menumbuhkan bisnis berkelanjutan, bertanggung jawab, dan memberikan manfaat pada sosial dan lingkungan," ucap Nurdiana dalam siaran pers, Selasa (16/06/2021).

Nurdiana berpendapat, ajakan ini menjadi relevan mengingat tahap pengumpulan dan pengolahan sampah plastik adalah komponen penting dalam mengurangi beban sampah terhadap lingkungan sekaligus menciptakan ekonomi sirkular.

Untuk itu, seluruh pihak memiliki peran masing-masing, termasuk Pemerintah, organisasi kemasyarakatan, konsumen, serta produsen.

Baca juga: Kelola Sampah Bantargebang, SBI Gandeng Unilever dan Dinas LH DKI

Peranan penting produsen tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lewat regulasi tersebut dijelaskan bagaimana setiap produsen sepatutnya memiliki roadmap yang jelas dan terukur dalam mendukung upaya pengumpulan dan daur ulang sampah, utamanya plastik.

Untuk itu, Unilever Indonesia secara khusus menyusun roadmap yang telah diserahkan
kepada pihak Kementerian LHK sebagai wujud Extended Stakeholder Responsibility (ESR) perusahaan.

Nurdiana mengatakan, roadmap tersebut menegaskan komitmen Unilever Indonesia yang telah melakukan berbagai upaya dari hulu ke hilir untuk menangani permasalahan sampah terutama sampah plastik.

Ini juga bertujuan dalam mendukung Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah yang dicanangkan Pemerintah sejak 2019 lalu.

Melanjutkan upaya ini, #GenerasiPilahPlastik diharapkan dapat menjadi bagian dari komunikasi, informasi, dan edukasi yang mendorong konsumen berbagi peran dengan menanamkan kesadaran bahwa memilah sampah plastik dari rumah merupakan hal yang mudah dan bermanfaat untuk diri sendiri serta lingkungan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X