Gerak Maju Tol Trans-Sumatera, Katalis Pertumbuhan Kawasan Industri Baru

Kompas.com - 31/03/2021, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak pernah terbayangkan sebelumnya oleh Nanda Arief, bisa merasakan perjalanan jarak jauh dalam waktu singkat melintasi empat provinsi dan sepuluh kota.

Karyawan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang ini biasanya menempuh 16 jam hingga 18 jam untuk sampai di kota kelahirannya Bogor, dari Palembang.

Waktu selama itu dia alami saat Jalan Nasional Lintas Timur Sumatera masih menjadi satu-satunya akses memadai yang bisa digunakan.

Namun, sejak akhir 2019, ayah satu puteri ini ulang-alik lima sampai enam kali "mengaspal" Palembang-Bogor hanya dalam hitungan 8 jam dengan kecepatan rata-rata 100 kilometer per jam.

Hal ini karena ruas Tol Palembang-Kayu Agung-Pematang Panggang, dan Terbanggi Besar-Bakauheni yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sudah tersambung dan menjadi infrastruktur konektivitas yang mendukung mobilitas Nanda.

Baca juga: Jelang Libur Lebaran, 672 Kilometer Tol Trans-Sumatera Dipastikan Beroperasi

"Kehadiran JTTS mempersingkat waktu, dan mendekatkan jarak tempuh. Empat provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Banten, dan Jawa Barat saya lintasi sekitar 8 jam. Itu waktu efektif di luar istirahat," ujar Nanda kepada Kompas.com, Sabtu (20/03/2021).

Perjalanan Palembang-Bakauheni sepanjang 360 kilometer dirasakan Nanda tak lagi menjenuhkan.

Dia kerap singgah di tempat-tempat wisata yang tak jauh dari gerbang tol (GT), sebelum menyeberang dengan feri menuju Merak, Banten.

Sebut saja Pantai Kalianda, Provinsi Lampung. Tempat wisata ini bisa diakses melalui GT Kalianda hanya dalam waktu 15 menit.

"Cukup menyegarkan bisa refreshing di pantai setelah mengemudi. Rehat sejenak melepas lelah," imbuh Nanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.