Kompas.com - 16/08/2021, 20:00 WIB
Menkeu secara daring dalam Konferensi Pers APBN Kita, Selasa (25/5/20w1) KemenkeuMenkeu secara daring dalam Konferensi Pers APBN Kita, Selasa (25/5/20w1)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pada tahun 2022, pemerintah merencanakan belanja infrastuktur akan tetap berjalan namun lebih selektif.

Hal itu ia sampaikan dalam Konfresi Pers tentang Nota Keuangan dan RUU APBN 2022 di kanal YouTube Kementrian Keuangan, Senin (16/8/2021).

“Merujuk pada instrruksi presiden, tahun depan kita masih akan meningkatakan belanja infrastruktur dalam rangka meningkatkan pdoduktivitas dan konektivitas. Namun kita akan semakin selektif dan tentu diharapkan akan betul-betul mencapai prioritas dan efisiensi yang makin baik,” jelasnya.

Menurut Sri Mulyani, fokus pemerintah tak hanya pada pembangunan infrastruktur dasar seperti pembangunan rumah khusus, rumah susun, penyediaan air minum dan pengelolaan air limbah.

Baca juga: Empat Ruas Jalan Tol dan Lingkar Baru Siap Sambut Kemerdekaan RI

Anggaran juga akan dialokasikan pada pembangunan infrasturktur energi dan pangan. Misalnya, pembangunan jaringan gas dan pembangunan jaringan irigasi.

“Untuk infrastruktur yang menyangkut konektivitas, akan ada 205 kilometer jalan baru, 8.244 meter jembatan baru dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang masih akan tetap didukung,” jelasnya.

Selanjutnya, akan ada pembangunan enam bandara baru dan 6.624 kilometer jalur kereta api.

Pemerintah juga berkomitmen untuk pemerataan instruktur dan akses Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) demi peningkatan kapasitas SDM dan literasi digital.

“Di daerah Terdepan, Terpencil, Tertinggal (3T), akan disediakan 2.344 BTS. Kemudian kapasitas jariangan internet 25 GBPS juga disediakan melalui statelit,” papar Sri Mulyani. 

Pada kebijakan anggaran infrastuktur tahun 2022, pemeritah akan melakukan percepatan penyelesaian proyek infrastruktur yang tertunda akibat pandemi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.