Kompas.com - 16/08/2021, 19:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2022, pemerintah mengarahkan pembangunan infrastruktur untuk mendukung layanan dasar.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

“Pembangunan infrastruktur dianggarkan Rp 384,8 triliun,” kata Presiden. 

Pembangunan infrastruktur akan diarahkan untuk mendukung penguatan penyediaan layanan dasar, mendukung peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas.

Baca juga: Selama Pandemi, Ganti Rugi Lahan Infrastruktur yang Dibayarkan Capai Rp 31,2 Triliun

“Fokus juga diarahkan pada pembangunan infrastruktur energi dan pangan yang terjangkau, andal dan memperhatikan aspek lingkungan serta pemerataan infrastruktur dan akses teknologi informasi dan komunikasi,” jelas Presiden.

Untuk mendukung target pembangunan infrastruktur tersebut, menurut Presiden, harus terus dilakukan perpaduan antara strategi anggaran dengan program pendanaan.

Skema kerja sama antara pemerintah dan badan usaha (KPB) menjadi model pembiayaan yang terus ditawarkan.

Kemudian, bauran pendanaan antara kementrian lembaga BUMN dan swasta akan terus diperkuat.

Secara keseluruhan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2022, pemerintah menganggarkan Rp 2.708,7 triliun.

Dari dana tersebut, belanja Pemerintah Pusat dianggarkan sebesar Rp 1.938,3 triliun serta transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 770,4 triliun.

Sementara itu, anggaran kesehatan direncanakan sebesar Rp 255,3 triliun. Nantinya dari pos anggaran ini, pemerintah juga merencanakan adanya perbaikan berbagai fasilitas kesehatan secara menyeluruh.

“Kita juga harus membenahi fasilitas layanan kesehatan dari hulu sampai hilir, dari pusat hingga ke daerah. Transformasi layanan primer dan layanan rujukan,” pungkas Presiden.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.