Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Macet 12 Jam, London Bridge Tower Kembali Bisa Dilintasi

Kompas.com - 11/08/2021, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber BBC,France24

JAKARTA, KOMPAS.com - London Bridge Tower akhirnya dibuka kembali untuk jalur lalu lintas setelah macet selama hampir 12 jam.

Seperti dikutip dari BBC, sesuai jadwal, area penyebrangan ini seharusnya diangkat pada Senin (09/8/2021) agar memuluskan jalan bagi Kapal Layar Tenacious, yang berukuran tinggi.

Namun sayangnya, jembatan tersebut gagal tertutup. Polisi Kota London mengatakan jembatan berusia 127 tahun tersebut terpaksa ditutup sementara karena kegagalan teknis.

Setelah diperbaiki, jembatan ini dibuka kembali untuk lalu lintas pada Selasa (10/8/2021) pukul 13:45 siang waktu setempat. Sebelumnya, para pengemudi dan pejalan kaki diimbau untuk menghindari area tersebut.

Hingga Selasa pagi, France24 melaporkan, jembatan ikonik tersebut masih belum bisa tertutup. Dua bagian jembatan mengarah ke atas sejak Senin siang. Ini adalah kedua kalinya sejak Agustus tahun lalu jembatan tersebut macet.

Baca juga: Kembali Terpilih Jadi Wali Kota London, Sadiq Khan Andalkan Program Rumah Murah

Seorang juru bicara City of London Corporation, yang mengelola jembatan itu, mengatakan penyelidikan sedang dilakukan tetapi alasan mengapa sampai jembatan tersebut gagal tertutup belum diketahui.

Jembatan ini menghubungkan distrik keuangan Square Mile ke Southwark di seberang Sungai Thames.

Bila jembatan tersebut ditutup untuk sementara waktu maka akan menyebabkan antrean panjang di kedua sisi penyeberangan.

Dibangun antara tahun 1886 dan 1894, London Bridge Tower pada saat itu dianggap sebagai "jembatan bascule" terbesar dan tercanggih yang pernah diselesaikan.

Bascules adalah kata untuk lengan jembatan. Kata ini berasal dari Bahasa Prancis, "jungkat-jungkit".

Ini menunjukan lengan jembatan ini dapat bergerak ke atas dan ke bawah dengan bantuan empat roda besar di setiap sisi.

Roda gigi awalnya ditenagai oleh uap sebelum sistem elektro-hidrolik dan dipasang pada 1970-an. Setiap tahunnya, jembatan ini dapat terangkat kurang lebih 800 kali dalam setahun.

Pada Agustus 2020, jembatan ini juga pernah mengalami macet lebih dari satu jam dan menyebabkan kemacetan parah di daerah sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com