Kompas.com - 11/08/2021, 09:00 WIB
London Bridge Tower pada saat posisi terangkat untuk memudahkan lalu lintas air berupa perlintasan kapal-kapal berukuran besar dan tinggi. Getty ImagesLondon Bridge Tower pada saat posisi terangkat untuk memudahkan lalu lintas air berupa perlintasan kapal-kapal berukuran besar dan tinggi.

JAKARTA, KOMPAS.com - London Bridge Tower akhirnya dibuka kembali untuk jalur lalu lintas setelah macet selama hampir 12 jam.

Seperti dikutip dari BBC, sesuai jadwal, area penyebrangan ini seharusnya diangkat pada Senin (09/8/2021) agar memuluskan jalan bagi Kapal Layar Tenacious, yang berukuran tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun sayangnya, jembatan tersebut gagal tertutup. Polisi Kota London mengatakan jembatan berusia 127 tahun tersebut terpaksa ditutup sementara karena kegagalan teknis.

Setelah diperbaiki, jembatan ini dibuka kembali untuk lalu lintas pada Selasa (10/8/2021) pukul 13:45 siang waktu setempat. Sebelumnya, para pengemudi dan pejalan kaki diimbau untuk menghindari area tersebut.

Hingga Selasa pagi, France24 melaporkan, jembatan ikonik tersebut masih belum bisa tertutup. Dua bagian jembatan mengarah ke atas sejak Senin siang. Ini adalah kedua kalinya sejak Agustus tahun lalu jembatan tersebut macet.

Baca juga: Kembali Terpilih Jadi Wali Kota London, Sadiq Khan Andalkan Program Rumah Murah

Seorang juru bicara City of London Corporation, yang mengelola jembatan itu, mengatakan penyelidikan sedang dilakukan tetapi alasan mengapa sampai jembatan tersebut gagal tertutup belum diketahui.

Jembatan ini menghubungkan distrik keuangan Square Mile ke Southwark di seberang Sungai Thames.

Bila jembatan tersebut ditutup untuk sementara waktu maka akan menyebabkan antrean panjang di kedua sisi penyeberangan.

Dibangun antara tahun 1886 dan 1894, London Bridge Tower pada saat itu dianggap sebagai "jembatan bascule" terbesar dan tercanggih yang pernah diselesaikan.

Bascules adalah kata untuk lengan jembatan. Kata ini berasal dari Bahasa Prancis, "jungkat-jungkit".

Ini menunjukan lengan jembatan ini dapat bergerak ke atas dan ke bawah dengan bantuan empat roda besar di setiap sisi.

Roda gigi awalnya ditenagai oleh uap sebelum sistem elektro-hidrolik dan dipasang pada 1970-an. Setiap tahunnya, jembatan ini dapat terangkat kurang lebih 800 kali dalam setahun.

Pada Agustus 2020, jembatan ini juga pernah mengalami macet lebih dari satu jam dan menyebabkan kemacetan parah di daerah sekitarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC,France24
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.