Kembali Terpilih Jadi Wali Kota London, Sadiq Khan Andalkan Program Rumah Murah

Kompas.com - 10/05/2021, 17:04 WIB
Wali kota London, Sadiq Khan. LEON NEAL / AFPWali kota London, Sadiq Khan.

KOMPAS.com - Politisi Partai Buruh Sadiq Khan memenangkan periode kedua sebagai Wali kota London, Sabtu (08/05/2021) waktu setempat.

Wali kota muslim pertama di salah satu ibu kota utama negara Barat tersebut unggul tipis dibandingkan sang rival dari Partai Konservatif Shaun Bailey.

Khan memenangkan periode kedua dengan lebih dari 1,2 juta suara. Sementara Bailey dengan perolehan 977.601 suara.

Salah satu program utama Khan yang akan dilakukan adalah Affordable Homes Programme (AHP) atau Program Rumah Terjangkau.

Baca juga: Ini Dia Strategi Sadiq Khan Atasi Krisis Rumah di London

Program perumahan itu telah Khan lakukan sejak periode pertama dia dinobatkan menjadi wali kota London yaitu Tahun 2016.

Setelah memenangkan periode kedua, Khan akan melanjutkan program tersebut hingga masa akhir kepemimpinan Tahun 2023.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama periode kedua, dana yang akan digelontorkan untuk AHP senilai 4 miliar poundsterling atau setara Rp 79,8 triliun.

Anggaran itu dialokasikan untuk membangun sebanyak 82.000 rumah baru per tahun.

Melansir london.gov.uk, rumah yang dibangun melalui program ini akan dirancang dengan baik dari segi keamanan hingga penghijauan.

Hal ini merupakan ambisi Khan untuk menciptakan rumah sosial berkualitas tinggi yang tak hanya dimiliki oleh kalangan elite. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X