Ahli Tata Kota Dorong Jakarta Punya Lebih Banyak Kolam Renang Publik

Kompas.com - 25/07/2021, 21:00 WIB
Seorang wanita sedang berenang di kolam renang shutterstock.com/netfallsSeorang wanita sedang berenang di kolam renang

JAKARTA, KOMPAS.com - Arsitek dan Ahli Tata Kota Bambang Eryudhawan mendorong agar DKI Jakarta memiliki lebih banyak kolam renang publik.

Menurutnya, kolam renang publik yang ada di ibu kota saat ini tidak lebih dari 10 buah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di Jakarta saat ini kolam renang publik itu cuma berapa, nggak lebih dari 10. Sebut saja di Bulungan, di Senen, di Belakang Hotel Cikini," kata Yudha kepada Kompas.com, Minggu (25/07/2021).

Yudha menjelaskan, kolam renang publik sejak lama telah menjadi salah satu fasilitas rekreasi paling digemari masyarakat ibu kota.

Jika bercermin ke masa lalu, kolam renang publik di Jakarta cukup banyak dan sangat mudah diakses.

Baca juga: Kota-Kota di Indonesia Idealnya Punya Satu Kolam Renang Publik Per 50.000 Penduduk

Sayangnya, saat ini jumlah kolam renang publik semakin berkurang dan sebagian besar ditutup atau dialihfungsikan menjadi bangunan lain.

Menurut Yudha, keberadaan kolam renang publik ini sangat penting sebagai wahana rekreasi dan hiburan terjangkau bagi masyarakat perkotaan, terutama kelas menengah ke bawah.

"Bagi yang punya duit mungkin enak mereka bisa ke kolam renang hotel dan perumahan elite atau water boom, sementara kelas menengah ke bawah terpaksa berenang di kali atau main di kubangan air," ujarnya.

Selain sebagai wahana olahraga dan rekreasi, kolam renang publik juga dapat menjadi stimulus munculnya bibit-bibit atlet renang.

"Jadi dalam situasi seperti ini, jangankan kita berfikir tentang perenang dunia dari Indonesia, kita cuma baru bicara buat kebutuhan olahraga renang saja terbatas jumlahnya," ungkap dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.