Heboh Kantor Desa Mirip "Istana Negara", Arsitek Minta Pemerintah Rancang Ketentuan Teknis

Kompas.com - 25/07/2021, 19:18 WIB
Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Jember Jawa Timur Kompas.com/Ahmad Winarno Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Jember Jawa Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kantor desa dibangun dengan gaya dan model menyerupai Istana Negara Republik Indonesia.

Bangunan pemerintah yang diklaim ikonik itu menjadi perhatian dan kerap ramai dikunjungi serta dijadikan sebagai tempat berswa-foto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebut saja Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Jember, Jawa Timur. Struktur mirip Istana Negara ini dibangun dengan menghabiskan angaran sebesar Rp 1,8 miliar.

Anggaran tersebut bersumber dari sisa belanja alokasi dana desa, pendapatan desa, bagi hasil pajak, dan swadaya masyarakat.

Baca juga: Istana Negara Ada di Desa, Ini Kata Pengamat Tata Kota

Menanggapi hal itu, Arsitek dan Ahli Tata Kota Bambang Eryudhawan mengatakan pemerintah mesti turut membuat ketentuan teknis model dan gaya bangunan kantor desa di Indonesia.

Menurutnya, kantor desa merupakan bangunan publik, di mana peran dan fungsi utamanya adalah untuk melayani masyarakat.

"Ini kan bangunan publik harusnya ada pengarahan. Misalnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atau dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kan desa itu diurusnya sama Kemendagri jadi kasih arahan dong," kata Yudha kepada Kompas.com, Minggu (25/07/2021).

Yudha menjelaskan, selain memberikan ketentuan teknis dalam membangun kantor desa, pemerintah pusat juga dapat mengingatkan perangkat desa bahwa anggaran desa tidak boleh dihabiskan hanya untuk pembangunan kantor desa.

Dia juga menyarankan agar desain dan model kantor desa tidak mencontek model Istana Negara, melainkan dibuat dengan model arsitektur setempat atau mengadopsi kearifan lokal.

"Tapi ya jangan contek Istana Merdeka, itu kan buatan Belanda, kenapa masih kita pakai karena kita belum punya duit buat bikin baru," ujarnya.

Baca juga: Megahnya Kantor Desa dan Pemda, Telan Dana hingga Miliaran Rupiah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.