Venesia Terancam Dicoret dari Situs Warisan Dunia, Kapal Pesiar Dilarang Masuk

Kompas.com - 24/07/2021, 19:00 WIB
Kapal pesiar besar melintasi Venesia, Italia. lonelyplanet.comKapal pesiar besar melintasi Venesia, Italia.

KOMPAS.com - Pemerintah Italia secara resmi mengumumkan larangan permanen kapal pesiar besar memasuki laguna Venesia mulai 1 Agustus 2021.

Larangan itu berlaku efektif bagi kapal pesiar dengan panjang lebih dari 180 meter atau seberat 25.000 ton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keputusan ini diambil setelah Pemerintah Italia mendapatkan protes dan petisi yang ditandatangani sejumlah aktivis dan masyarakat.

Tak hanya itu, ancaman juga datang dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) untuk memasukkan Venesia sebagai daftar situs warisan dunia yang terancam punah.

Sebagaimana diketahui, Venesia telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO sejak Tahun 1987 silam.

Melansir Arch Daily, kehadiran kapal pesiar besar Venesia telah menjadi kontroversi selama bertahun-tahun di negara itu.

Sehingga, masyarakat, arsitek, dan seniman internasional bersama-sama menyerukan No Grandi Navi atau "Tidak Ada Kapal Besar" di Venesia.

Mereka juga menandatangani petisi yang dibuat oleh Asosiasi Komite Swasta Internasional untuk Perlindungan Venesia yang juga telah mendapatkan dukungan dari UNESCO.

Baca juga: China Bakal Larang Pembangunan Pencakar Langit Lebih dari 500 Meter

Ada lebih dari 50 tokoh terkemuka dari bidang aristektur, seni, film dan mode yang protes dan menandatangani petisi itu.

Sebut saja, Direktur Galeri Nasional London Nicholas Penny Norman Foster dan Direktur Yayasan Guggenheim Richard Armstrong.

Halaman:


Sumber Arch Daily
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.