Kompas.com - 22/07/2021, 18:00 WIB
Pembangunan tepi laut kota Liverpool yang masif membuatnya dicoret dari daftar situs warisan dunia UNESCO Paul Ellis/Agence France-PressePembangunan tepi laut kota Liverpool yang masif membuatnya dicoret dari daftar situs warisan dunia UNESCO

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Liverpool, Inggris, secara resmi dicoret dari daftar situs warisan dunia UNESCO pada Rabu (21/07/2021) setelah diberikan gelar tersebut 17 tahun lalu.

Seperti dikutip dari The New York Post, Kamis (22/07/2021), keputusan ini dibuat di Fuzhou, China, setelah pemungutan suara rahasia oleh komite UNESCO.

Mayoritas pendapat mendukung rekomendasi yang dibuat pada bulan Juni untuk menghapus Liverpool dari status tersebut.

Tentu saja ini menjadi pukulan besar bagi kota tersebut yang telah berjuang untuk merevitalisasi setiap sudut kota dalam beberapa tahun terakhir.

Keputusan ini diambil bukan tanpa sebab. Dalam laporan yang diterbitkan oleh komite UNESCO pada bulan Juni lalu disebutkan bahwa perkembangan kota Liverpool telah mengakibatkan kerusakan serius pada kawasan bersejarahnya. 

Liverpool memperoleh status Warisan Dunia pada tahun 2004, sebagai pengakuan atas sejarah perdagangan dan maritimnya, yang tercermin dalam arsitektur megah.

Sebagai salah satu pusat perdagangan utama dunia pada abad ke-18 dan ke-19, Liverpool menjadi  kota yang makmur berkat perdagangan budak trans-Atlantik.

Menjadi kota yang masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO berarti Liverpool wajib melestarikan monumen, bangunan dan situs-situs penting di wilayahnya.

Wali Kota Liverpool Joanne Anderson mengatakan sangat kecewa dan prihatin dengan keputusan UNESCO tersebut.

“Kami akan bekerja sama dengan pemerintah untuk memeriksa apakah kami dapat mengajukan banding, tetapi apa pun yang terjadi, Liverpool akan selalu menjadi kota Warisan Dunia," ujar Anderson.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.