Pemerintah Targetkan 11 Juta Rumah Tangga Tempati Rumah Layak Huni hingga 2024

Kompas.com - 01/07/2021, 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 11 juta rumah tangga menempati rumah layak huni hingga 2024.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 terdapat peningkatan target rumah tangga yang menempati rumah layak huni dari semula 56,75 persen pada tahun 2019, menjadi 70 persen pada tahun 2024.

Dirjen Pembiayaan Infrastruktur, Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Eko D Heripoerwanto mengatakan, 70 persen tersebut ekuivalen dengan 11 juta rumah tangga.

Eko menjelaskan untuk mencapai target tersebut, pemerintah telah menetapkan dua skenario penanganan yaitu melakukan intervensi langsung dan tidak langsung.

Baca juga: Hingga Mei, Program Sejuta Rumah Tembus 312.290 Unit

"Kementerian PUPR memiliki tanggung jawab lebih besar dalam skenario penanganan melalui intervensi langsung melalui sejumlah program perumahan," ujar Eko, dalam diskusi virtual, Rabu (30/06/2021).

Beberapa program yang dilakukan kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan rumah layak huni adalah program pembangunan perumahan, memfasilitasi peningkatan kualitas, dan memfasilitasi pembiayaan perumahan.

Kemudian memberikan bantuan atau subsidi pembiayaan perumahan, penyediaan infrastruktur pemukiman, pembinaan dan penanganan pemukiman kumuh.

"Dengan akumulasi target sasaran melalui skenario penanganan ini adalah sebesar lima juta unit rumah," imbuh Eko.

Sebagai dukungan terhadap RPJMN, Kementerian PUPR akan menganggarkan dan memfasilitasi subsidi perumahan untuk satu juta rumah tangga yang terdiri dari FLPP sebesar 900.00 unit, dan fasilitasi pembiayaan perumahan melalui BP Tapera sebesar 500.000 unit.

Selanjutnya melalui PT Sarana Multigriya Fiansial (SMF) sebesar 50.000 unit, dan sisanya melalui Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.