Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tahun Usai Skandal Pelecehan Seksual, Richard Meier Resmi Pensiun

Kompas.com - 30/06/2021, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Arsitek pemenang penghargaan arsitektur Pritzker, Richard Meier, resmi pensiun tiga tahun setelah tuduhan pelecehan seksual dilakukan terhadapnya.

Seperti dikutip dari Dezeen, setelah arsitek berkebangsaaan Amerika Serikat itu pensiun, Richard Meier & Partners Architects berganti nama menjadi Meier Partners.

Sebagai bagian dari perubahan, salah satu kantor cabang di Los Angeles telah membuka praktek independen yang bernama STUDIOpractice. Firma baru ini dipimpin oleh Michael Palladino dan Jim Crawford.

Dukho Yeon telah ditunjuk sebagai mitra dan desainer utama setelah 30 tahun bekerja. George H. Miller, yang sebelumnya menjabat sebagai Managing Partner di Pei Cobb Freed & Partners, ditunjuk sebagai partner dan chief operating officer di Meier Partners.

Baca juga: Michael Palladino Dirikan Kantor Arsitek Baru di Los Angeles

"Kami membayangkan masa depan di Meier Partners dibangun di atas catatan arsitektur kami yang luar biasa dan telah terbukti menciptakan karya-karya yang relevan untuk zaman sekarang dan bermakna bagi masyarakat," kata Yeon.

Menurut Yeon, tim yang dipimpinnya berisi orang-orang berbakat sedang sedang mengerjakan proyek generasi baru.

Ia pun yakin karya tersebut akan mendefinisikan kembali tujuan perusahaan dan industri ke depannya.

Meskipun mengundurkan diri pada 23 Juni lalu, Meier sendiri masih bersedia untuk berkonsultasi dengan klien berdasarkan permintaan.

Putri Meier, Ana Meier, masih terus menjadi penasihat firma tersebut.

Meier pernah mengundurkan diri sejenak dari perusahaannya pada Maret 2018 lalu setelah New York Times menerbitkan tuduhan pelecehan seksual terhadap arsitek tersebut.

Baca juga: Menjelajah Kebun Raya Taiyuan di Bekas Galian Tambang Batu Bara

Lima wanita, empat di antaranya adalah mantan karyawannya, mengajukan tuduhan pelecehan seksual termasuk Meier meraba-raba pakaian dalam mereka dan memperlihatkan alat vitalnya.

Dalam salah satu akun anonom di media sosial, seorang wanita bahkan mengklaim dia pernah diseret Meier ke kamar tidur dan disekap.

Meier mundur secara permanen mundur dari jabatannya pada Oktober 2018, dan rekannya, Bernhard Karpf dipromosikan menjadi rekan pengelola menggantikan Meier.

Skandal yang melibatkan arsitek yang sangat terkenal dengan rancangan minimalis serba putihnya tersebut mengguncang dunia arsitektur.

Apalagi ia adalah arsitek jenius dan kerap mendapatkan penghargaan bergengsi. Bersamaan dengan Penghargaan Pritzker 1984, Meier dianugerahi RIBA Royal Gold Medal pada 1988 dan Medali Emas AIA dan Praemium Imperiale pada 1997.

Beberapa rancangannya yang terkenal antara lain  Getty Center di Los Angeles dan Balai Kota di Den Haag.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com