Kapan Waktu Terbaik Berinvestasi Properti? Cari Tahu Jawabannya

Kompas.com - 19/06/2021, 14:32 WIB
Ilustrasi investasi (Dok. Pacific Garden)Ilustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur ERA Indonesia Darmadi Darmawangsa mengungkapkan, terdapat dua momentum tepat dalam berinvestasi properti di Indonesia.

"Kalau orang tanya saya, when is the best time to buy property (kapan waktu terbaik beli properti), ada dua jawabannya," tutur Darmadi dalam acara BTN Asset Sales Festival, Jumat (18/06/2021).

Darmadi menjelaskan, momentum pertama adalah 10 tahun lalu. Karena, jika seseorang membeli properti pada waktu tersebut, harga jualnya saat ini dipastikan akan naik.

Sementara waktu tepat kedua dalam investasi properti adalah ketika adanya krisis ekonomi, contohnya Pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda seluruh dunia.

Namun demikian, imbuh Darmadi, tidak banyak orang memanfaatkan kesempatan tersebut pada waktu kedua.

Darmadi tidak menampik bahwa kondisi Pandemi Covid-19 membuat seluruh sektor perekonomian Indonesia mengalami guncangan, terutama pengusaha properti.

Baca juga: Selama 45 Tahun, BTN Telah Salurkan KPR untuk 4,7 Juta Rumah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, kondisi Pandemi Covid-19 sebetulnya mengajarkan banyak hal dalam menjalani bisnis dan membuat seseorang bisa terus tumbuh dan berinovasi.

Dia memaparkan, selama kurun waktu 2008-2019, ekonomi Indonesia terus mengalami pertumbuhan positif, walau terjadi penurunan pada tahun-tahun tertentu dan tidak begitu signifikan.

Namun, saat Pandemi Covid-19 melanda Indonesia, pertumbuhan ekonomi anjlok hingga mencapai minus 1,7 persen pada tahun lalu.

Pada tahun ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi akan tumbuh positif sekitar 4,1 persen-5,1 persen. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X