Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Gerai Giant Diubah Jadi IKEA

Kompas.com - 26/05/2021, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan ritel multiformat PT Hero Supermarket Tbk akan mengubah lima gerai Giant menjadi IKEA.

Keputusan ini merupakan tindaklanjut strategis atas seluruh lini bisnis perseroan yang akan fokus pada pengembangan tiga merek IKEA, Guardian, dan Hero.

Selain itu, popularitas bisnis ritel dengan format hypermarket juga dinilai terus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Patrik Lindvall menuturkan hal itu dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Selasa (25/05/2021).

"Seperti bisnis mumpuni lainnya, perseroan akan terus beradaptasi terhadap dinamika pasar dan tren pelanggan yang terus berubah, sebuah tren yang juga terlihat di pasar global," ujar Patrik.

Baca juga: Gandeng IKEA, Pengembang Perancis Rilis Rumah Lengkap dengan Furnitur

Sementara gerai Giant lainnya ditutup pada akhir Juli 2021, walaupun negosiasi terkait potensi pengalihan kepemilikan sejumlah gerai kepada pihak ketiga masih berlangsung.

Selain itu, PT Hero Supermarket Tbk. juga sedang mempertimbangkan untuk mengubah sejumlah gerai Giant menjadi gerai Hero Supermarket.

Mengutip laman resmi perseroan, saat ini terdapat 100 gerai Giant di 96 daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Patrik meyakini, sektor peralatan rumah tangga, dalam hal ini diwakili merek IKEA, kesehatan dan kecantikan (Guardian), serta keperluan sehari-hari untuk kelas atas (Hero Supermarket) memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi.

Oleh karena itu, dalam kurun waktu dua tahun, perseroan menargetkan pembukaan gerai IKEA hingga empat kali lipat dibanding tahun 2020.

Sementara gerai Guardian akan bertambah hingga menjadi 100 gerai pada akhir 2022.

PT Hero Supermarket Tbk sendiri merupakan perusahaan ritel modern pertama di Indonesia yang didirikan oleh Muhammad Saleh Kurnia pada 1971 dengan toko pertama di Jalan Faletehan, Jakarta.

Baca juga: IKEA Kota Baru Parahyangan Buka 28 Maret, Cek Cara Registrasinya!

Perseroan berkembang menjadi perusahaan ritel modern terkemuka dengan filosofi bisnis memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda serta bernilai tambah bagi masyarakat Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, PT Hero Supermarket Tbk tumbuh dan berkembang dalam membangun jaringan bisnisnya serta berinovasi dalam rangka memenuhi kebutuhan serta pola konsumsi masyarakat.

Perseroan saat ini mengoperasikan Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com