Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Jumat, Stasiun Cikampek Layani Tes GeNose C-19 Penumpang Kereta Jarak Jauh

Kompas.com - 21/05/2021, 09:50 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mengumumkan mulai Jumat (21/5/2021) layanan Tes GeNose C-19 hadir di Stasiun Cikampek.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya telah menyiapkan perangkat alat tes GeNose C-19 lengkap dengan fasilitas pendukungnya.

"Seperti dua buah bilik pengambilan sampel napas, perangkat komputer, ruang tunggu dan print bagi analis dan media (LCD, poster) sebagai alat sosialisasi cara melakukan Tes GeNose C-19," kata Eva dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Jumat (21/05/2021).

Baca juga: Kembali Beroperasi, Ini Jadwal Kereta Api Lokal Walahar dan Jatiluhur

Eva menjelaskan, bagi calon penumpang KAJJ yang akan melakukan pemeriksaan Tes GeNose C-19 diwajibkan tidak makan/minum dan tidak merokok 30 menit sebelum melakukan tes.

Selain itu calon penumpang harus memiliki tiket KA atau kode booking yang telah terbayar lunas sebelum melakukan tes GeNose C-19.

PT KAI Daop 1 Jakarta kembali menghimbau para calon penumpang yang akan menggunakan layanan tes di stasiun agar melakukan pemeriksaan H-1 atau satu hari sebelum jadwal keberangkatan.

Penumpang juga diimbau untuk menyiapkan uang Rp30.000, untuk pembayaran tes GeNose.

Untuk saat ini masa berlaku hasil negatif tes RT- PCR, Rapid Antigen dan GeNose C-19 maksimal 1x24 jam.

Selain Stasiun Cikampek, di area Daop 1 Jakarta telah terdapat tiga stasiun lainnya yang melayani tes GeNose C-19 yaitu di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Bekasi.

Sedangkan layanan Rapid Antigen hanya tersedia di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com