Adhi Karya Incar Proyek Infrastruktur Penunjang di IKN Baru

Kompas.com - 21/04/2021, 17:30 WIB
Pra-desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, karya I Nyoman Nuarta. Youtube Pra-desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, karya I Nyoman Nuarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk siap berpartisipasi dalam pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Provinsi Kalimantan Timur.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson mengungkapkan hal itu dalam webinar Mengukur Infrastruktur, Rabu (21/04/2021).

"Mungkin nanti akan banyak yang terlibat, terutama karya-karya (BUMN karya). Dan tentu kami juga akan ikut di pekerjaan itu," tutur Entus.

Keterlibatan Adhi Karya kemungkinan tidak hanya pada pembangunan IKN baru saja, tetapi juga fasilitas penunjang di daerah tersebut. Misalnya, bendungan, peningkatan jalan, dan lain sebagainya.

"Ini memang sudah mulai kelihatan di daftar lelangnya yang sedang kami ikuti. Tentu kami akan ikut serta pada proyek IKN itu," lanjut Entus.

Entus menambahkan, pembangunan IKN baru memang cukup memakan banyak lahan.

Pada tahap awal, penggarapan lahan untuk pembangunan tentu akan melibatkan banyak BUMN Karya.

Baca juga: Jokowi Minta Masukan Masyarakat atas Pra-desain Istana Negara Karya Nyoman Nuarta

Entus pun menyoroti pra-desain istana negara di IKN baru yang sangat santer dibicarakan belum lama ini.

Dia berharap, Adhi Karya bisa ikut terlibat dalam proyek pembangunan tersebut.

Sebagaimana diketahui, salah satu usulan pra-desain istana negara di IKN yaitu karya pematung Nyoman Nuarta yang berbentuk burung garuda.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata juga menyatakan, desain istana negara karya Nyoman Nuarta merupakan gagasan awal sehingga prosesnya terus bergulir.

“Desain istana IKN baru yang berbentuk burung garuda tersebut adalah rancangan biro arsitek NuArt Consultant yang dimiliki Nyoman Nuarta," kata Rudy dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).

Rudy menambahkan, desain tersebut merupakan gagasan awal yang dapat diperdalam dan didiskusikan bersama para ahli di bidang arsitektur dan perencana.

Untuk pembangunan istana negara, Kementerian PPN/Bappenas serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah menyelaraskan materi Rencana Induk IKN dan Urban Design IKN.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X